Asesmen dan Pembembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis HOTS: Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Era Digital Abad Ke-21

Authors

  • I Wayan Gunartha
  • Dewa Ayu Widiasri
  • Ida Ayu Agung Ekasriadi

Keywords:

asesmen, pembelajaran bahasa Indonesia, HOTS, era digital, abad ke-21

Abstract

Abad 21 sudah berjalan 24 tahun, tetapi masih banyak guru yang belum memahami kecakapan abad 21 yang diadopsi oleh K-13. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru bahasa Indonesia tentang: 1) kecakapan abad 21, 2) implementasi pembelajaran abad 21 dalam K-13, dan 3) cara pengembangan asesmen berbasis HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dan sumber datanya berupa artikel dari jurnal, buku cetak, e-book, modul, dan lainnya yang relevan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan pengamatan. Analisis data penelitian dilakukan secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1) Kecakapan abad 21 adalah kecakapan yang sangat dibutuhkan oleh siswa untuk menhadapi segala tantangan di abad 21 ini, yang dikenal dengan 4C; 2) Implementasi K-13 untuk menanamkan kecakapan 4C adalah dengan menerapkan pendekatan saintifik dan asesmen yang basis HOTS; 3) Asesmen berbasis HOTS adalah asesmen yang mengukur kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta, yang memililiki karakteristik: a) mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, b) berbasis permasalahan kontekstual, c) menggunakan bentuk soal beragam, d) bersifat divergen, dan e) menggunakan multirepresentasi; dan memiliki prosedur pengembangan: a) melakukan analisis terhadap KD, b) menyusun kisi-kisi soal, c) memilih stimulus yang menarik dan kontekstual, d) menulis butir pertanyaan, dan e) membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-06