Asesmen dan Pembembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis HOTS: Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Era Digital Abad Ke-21
Keywords:
asesmen, pembelajaran bahasa Indonesia, HOTS, era digital, abad ke-21Abstract
Abad 21 sudah berjalan 24 tahun, tetapi masih banyak guru yang belum memahami kecakapan abad 21 yang diadopsi oleh K-13. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru bahasa Indonesia tentang: 1) kecakapan abad 21, 2) implementasi pembelajaran abad 21 dalam K-13, dan 3) cara pengembangan asesmen berbasis HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dan sumber datanya berupa artikel dari jurnal, buku cetak, e-book, modul, dan lainnya yang relevan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan pengamatan. Analisis data penelitian dilakukan secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1) Kecakapan abad 21 adalah kecakapan yang sangat dibutuhkan oleh siswa untuk menhadapi segala tantangan di abad 21 ini, yang dikenal dengan 4C; 2) Implementasi K-13 untuk menanamkan kecakapan 4C adalah dengan menerapkan pendekatan saintifik dan asesmen yang basis HOTS; 3) Asesmen berbasis HOTS adalah asesmen yang mengukur kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta, yang memililiki karakteristik: a) mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, b) berbasis permasalahan kontekstual, c) menggunakan bentuk soal beragam, d) bersifat divergen, dan e) menggunakan multirepresentasi; dan memiliki prosedur pengembangan: a) melakukan analisis terhadap KD, b) menyusun kisi-kisi soal, c) memilih stimulus yang menarik dan kontekstual, d) menulis butir pertanyaan, dan e) membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban