Metode One Day One Argument sebagai Upaya dalam Meningkatkan Produktivitas Keterampilan Berbicara

Authors

  • Syahriandi
  • Radhiah

Keywords:

Berbicara, metode, one day one argument

Abstract

Dalam proses pembelajaran, metode menjadi faktor penting dalam menentukan rencana, pelaksanaan, serta hasil pembelajaran. Metode yang tepat dapat menentukan hasil pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang seyogyanya merupakan pembelajaran yang bersifat keterampilan memerlukan metode yang sesuai dengan karakter pembelajaran Bahasa Indonesia. Makanya, dalam menentukan metode yang sesuai dengan karakter pembelajaran Indonesia diperlukan kepemahaman pendidik dalam memahami setiap metode yang digunakan. Salah satu keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Keterampilan Berbicara merupakan keterampilan yang bersifat produktif. Pembelajaran ini memerlukan metode yang memacu mahasiswa untuk selalu mengasah serta meningkatkan keproduktifan mahasiswa dalam berbicara. Salah satu strategi yang diharapkan dapat meningkatkan produktifitas mahasiswa dalam keterampilan berbicara adalah metode one day one argument. Jadi, tujuan dalam makalah ini metode one day one argument sebagai upaya dalam menciptakan keaktifan keterampilan berbicara mahasiswa. Dari hasil studi pustaka dapat disimpulkan bahwa metode one day one argument diupayakan dapat mendorong mahasiswa menjadi lebih produktif dalam berbicara karena metode ini menuntut mahasiswa harus memberikan argumennya setiap hari dalam bentuk suara (rekaman) dalam WAG

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-05-06