Strategi Pembelajaran Bahasa Daerah: Suatu Kajian Konseptual
Keywords:
strategi, pembelajaran, Bahasa daerahAbstract
Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi perolehan ilmu pengetahuan, penguasaan kemahiran, dan pembentukan sikap serta kepercayaan pada peserta didik. Dengan demikian, pembelajaran merupakan proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Pembelajaran dilakukan dengan proses antara peserta didik dan sumber belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pembelajaran bahasa agar peserta didik memperoleh proses belajar yang baik dan benar. Data diperoleh dari kajian pustaka dengan mengumpulkan beberapa sumber yang terkait serta disajikan secara konseptual. Strategi pembelajaran bahasa daerah dilakukan dengan berbagai cara yakni (1) Bermain kata, bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa; (2) Bermain peran, bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata, penguasaan gramatika, kemampuan berbicara, dan kemampuan mengapresiasi sastra; (3) Bermain kuis bahasa, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak sumber tulis dan lisan dalam bahasa daerah; (4) Olah aksara, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dan membaca aksara