Melacak Kemajuan Belajar Bahasa Indonesia: Inovasi Evaluasi Berbasis Taksonomi Bloom
Keywords:
evaluasi, melacak, bahasa Indonesia, Taksonomi BloomAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan pendekatan yang lebih holistik dan relevan dalam mengevaluasi kemajuan belajar bahasa Indonesia siswa, khususnya pada ranah kognitif melalui taksonomi Bloom. Penelitian memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kemajuan kognitif siswa, memberikan wawasan berharga bagi pengembangan kurikulum serta strategi pembelajaran yang lebih efektif, juga memberikan kontribusi yang berharga bagi perkembangan pendidikan bahasa di Indonesia dan memberikan wawasan praktis bagi para pendidik. Penelitian ini dilaksanakan dengan prosedur penelitian kualitatif studi kasus. Penelitian ini mengambil sampel guru Bahasa Indonesia di satuan pendidikan SMA Negeri kota Pekanbaru yang berakreditasi A, berjumlah 30 orang yang mengajar di kelas XI dan XII. Teknik pengambilan sampel melalui pendekatan sampling purposive. Data penelitian bersumber dari informasi para guru dari angket. Teknik analisis dengan menginterpretasikan hasil isian angket berdasarkan pendekatan taksonomi Bloom untuk melacak kemajuan belajar Bahasa Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemajuan belajar bahasa Indonesia siswa melalui tindakan guru lebih mendominasi pada mengaplikasikan (C3), mencipta/mengkreasi (C6), menganalisis (C4), memahami (2), mengingat (C1), dan mengevaluasi (C5). Pendekatan taksonomi Bloom mampu melacak kemajuan belajar bahasa Indonesia. Pemanfaatan kata-kata operasional sebagai upaya untuk mengetahui kemajuan belajar siswa