Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra: Pemanfaatan Aplikasi Digital yang Mengedepankan Etika

Authors

  • Nurhayati

Keywords:

aplikasi digital, etika

Abstract

Pada era digital saat ini, integrasi teknologi telah mengubah dinamika pendidikan yang
berimbas kepada perubahan baru terhadap pembelajaran bahasa dan sastra. Pada sisi lain, manakala
pendidik berpihak kepada upaya inovatif dalam proses pembelajaran bahasa dan sastra adalah
menjadi penting untuk mempertimbangkan dan mengedukasi peserta didik terhadap implikasi etis
dari penggunaan perangkat digital. Makalah ini merupakan kajian literatur untuk menjawab
pertanyaan tentang keunggulan dan kelemahan pembelajaran digital, pembelajaran bahasa dan sastra
berbasis digital, dan upaya menzerokan pelanggaran integritas akademik terhadap pembelajaran
bahasa dan sastra yang berorientasi digital. Pemanfaatan aplikasi digital dalam pembelajaran bahasa
dan sastra merupakan inovasi yang signifikan. Pergeseran ke arah aplikasi digital memungkinkan
pengalaman belajar yang lebih efisien, interaktif, menarik, kritis, dan kreatif di kalangan peserta
didik. Aplikasi digital menawarkan akses ke beragam literatur dan kemampuan untuk terlibat dengan
bahasa dalam konteks praktis dan dunia nyata serta memberikan peluang untuk pembelajaran yang
memenuhi beragam kebutuhan siswa secara personal. Dengan mengintegrasikan sistem
pembelajaran online dan penggunaan berbagai platform multimedia interaktif ke dalam pengajaran
bahasa dan sastra, pendidik dapat menumbuhkan keterlibatan dan motivasi peserta didik yang pada
gilirannya memperkaya perkembangan bahasa dan berbahasa peserta didik secara holistik di era
digital

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-05-06