Resetting Pembelajaran Berbasis Proyek pada Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh informasi yang akurat sehubungan dengan restting model pembelajaran berbasis proyek dalam rangka implementasi merdeka belajar kampus merdeka dan untuk peningkatan kualitas Perguruan Tinggi. Untuk mencapai tujuan maka dilakukan penelitian pustaka (library research). Data diperoleh secara purposive dengan penelusuran berbagai sumber relevan. Data berupa artikel publikasi (jurnal ilmiah), buku referensi, berjumlah sebelas (11) buah, dianalisis menggunakan teknik deduktif, interpretatif dan komparatif. Simpulan yang diperoleh adalah (1) pemberlakuan kebijakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, khususnya studi/proyek independen sebagai penguat kegiatan pembelajaran di Perguruan Tinggi, untuk menghasilkan produk unggul mahasiswa atau kegiatan lomba berskala nasional atau internasional. (2) Keunggulan model project-based learning (PjBL), hasil kajian terhadap sebelas (11) sumber (tabel 1), sangat layak/ideal ditetapkan sebagai model pembelajaran utama pada pembelajaran mata kuliah. (3) Kegiatan belajar studi/proyek independen (pada MBKM), dan project-based learning adalah kesatuan yang selaras, saling memperkuat untuk menghasilkan produk unggul dan pameran yang dibutuhkan untuk peningkatan mutu internal, eksternal Perguruan Tinggi.