Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V SD Negeri 1 Siwalan Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7604059

Keywords:

tingkat kebugaran jasmani, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan di Sekolah Dasar Negeri 1 Siwalan yang melakukan pembelajaran tatap muka setelah masa pandemi. Tentunya kebugaran siswa perlu diketahui, seberapa baik tingkat kebugarannya. Oleh karena itu perlu diadakannya TKJI pada siswa di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa kelas V SD Negeri 1 Siwalan Kecamatan Sawahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilaksanaakan dengan mengambil data pada siswa kelas V SD Negeri 1 Siwalan. Kesimpulan hasil penelitian bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Siwalan Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk pada kategori baik sekali dengan persentase sebesar 0% (tidak ada siswa), kategori baik dengan persentase sebesar 14,28% (4 siswa), kategori sedang dengan persentase sebesar 17,85% (5 siswa), kategori kurang dengan persentase sebesar 39,28% (11 siswa), kategori kurang sekali dengan persentase sebesar 8% (8 siswa).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiatmika, I. P. G., & Santika, I. G. P. N. A. (2016). Bahan Ajar Tes dan Pengukuran Olahraga. Denpasar : Udayana University Press

Adziman, L., Arwin, A., & Syafrial, S. (2017). Profil Kondisi Fisik Pemain Sepak Bola Sma Negeri 1 Kaur. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(1), 35–39. https://doi.org/10.33369/jk.v1i1.3373

Bangun, S. Y. (2018). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Olahraga pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 2(4), 29-37. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpsi/article/view/11913

Corbin, C. B. (2002). Physical Activity for Everyone: What Every Physical Educator Should Know about Promoting Lifelong Physical Activity, Journal of Teaching in Physical Education, 21(2), 128-144. Retrieved Feb 3, 2023, from https://journals.humankinetics.com/view/journals/jtpe/21/2/article-p128.xml

Erlina, E. (2019). Hubungan Aktivitas Fisik terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 7(2), 225-228. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/9/article/view/27444

Gunawan, I. P. A., Dewi, I. K. A., & Santika, N. A. (2016). Pelatihan Meloncati Rintangan Setinggi 50cm Ke Kiri ke Kanan 10 Repetisi 3 Set Meningkatkan Daya Ledak Otot Tungkai Siswa Putra Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli SMP Neger 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 2(2), 52-60. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/194

Hardiansyah, S. (2018). Analisis Kemampuan Kondisi Fisik Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Jurnal Menssana, 3(1), 117-123. http://menssana.ppj.unp.ac.id/index.php/jm/article/view/72

Indrawathi, N. L. P., Citrawan, I. W., & Santika, I. G. P. N. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kombinasi Metode Drill terhadap Hasil Belajar Servis Bola Voli . SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3), 216-222. https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.237

Kasan, K., Gustiawati, R., & Ismaya, B. (2021). Small Side Games Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMPN 2 Cilamaya Kulon. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1). https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3940 (Original work published 17 September 2020)

Miko, A., & Dina, P. (2016). Hubungan Pola Makan Pagi dengan Status Gizi pada Mahasiswi Poltekkes Kemenkes Aceh. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 1(2), 83-87. doi:http://dx.doi.org/10.30867/action.v1i2.15

Nala, I. G. N. (2016). Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Denpasar : Udayana University Press

Prakoso, D. P. (2015). Pengukuran Tingkat Kebugaran Jasmani terhadap Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Bolavoli di SMA Dr.Soetomo Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(1), 9-13. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/9/article/view/10115

Purwanto, S. (2006). Pentingnya Pelaksanaan Administrasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMU. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(1), 14-20. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/6215

Santika, I. G. P. N. A. (2017). Pengukuran Komponen Biomotorik Mahasiswa Putra Semester V Kelas A Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP PGRI Bali Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 3(1), 85-92. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/221

Santika, I. G. P. N. A., Pranata, I. K. Y., & Festiawan, R. (2020). The Effectiveness of Jogging Sprint Combination Training on Students Fat Levels. Journal of Physical Education Health and Sport, 7(2), 43-48. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpehs/article/view/27020

Suantika, I. G. D., Sumerta, I. K., & Santika, N. A. (2016). Pelatihan Double Leg Bound 10 Repetisi 5 Set Meningkatkan Daya Ledak Otot Tungkai Siswa Putra Kelas VIII D SMP PGRI 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 2(2), 27-30. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/191

Sugiyono. (2010). Statistik Non Parametris Untuk Penelitian. Jakarta : CV. Aphabeta

Published

2023-01-31

How to Cite

Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V SD Negeri 1 Siwalan Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. (2023). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(1), 158-165. https://doi.org/10.5281/zenodo.7604059