FOKALISASI NOVEL TEMPURUNG KARYA OKA RUSMINI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA/SMK

Authors

  • Ni Putu Yunia Dewi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah IKIP PGRI Bali
  • Ida Ayu Agung Ekasriadi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah IKIP PGRI Bali
  • I Made Sujaya Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v7i1.99

Keywords:

Fokalisasi, Novel, Pembelajaran Sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan jenis-jenis fokalisasi yang digunakan dalam novel Tempurung karya Oka Rusmini, (2) mendeskripsikan keterkaitan fokalisasi dengan unsur-unsur intrinsik lainnya, dan (3) relevansi fokalisasi novel Tempurung dalam pembelajaran sastra di SMA/SMK. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kepustakaan dengan teknik baca dan teknik catat. Data dianalisis dengan metode deskriptif analititk. Dari penelitian ini dihasilkan tiga temuan: (1) novel Tempurung karya Oka Rusmini kecenderungannya menggunakan fokalisasi intern dengan bentuk persona “aku”, (2) fokalisasi dalam novel Tempurung muncul dalam berbagai bentuk, yaitu cakapan langsung, solilokui, komentar pencerita, dan lakuan yang dapat berkaitan langsung dengan aspek tokoh dan gaya bahasa, dan (3) fokalisasi novel Tempurung karya Oka Rusmini memiliki relevansi dengan pembelajaran sastra di SMA/SMK, yaitu sebagai pengayaan bahan ajar dalam menganalisis isi dan kebahasaan novel.

 

This study aims to (1) describe the types of focalization used in Oka Rusmini’s Tempurung, (2) describe the relation between focalization and the other intrinsic elements, and (3) to describe the relevance of focalization in the novel to the study of literature in Senior High Schools (SMA)/Vocational Schools (SMK). This research is a qualitative research. The data were collected through the library research method by reading and note-taking techniques. The data were analyzed using the descriptive-analytical method. There are three research findings: (1) Oka Rusmini’s Tempurung tends to use internal focalization with the pronoun ”I”; (2) the focalization in the novel appears in various forms, namely direct speech, soliloquy, narrator’s commentary, and characters’ actions that can be directly related to character aspects and language style, and (3) focalization in Oka Rusmini’s Tempurung has relevance to the study of literature in SMA/SMK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bramantio. 2017. “Metafiksionalitas Cala Ibi: Novel yang Bercerita dan Menulis Tentang Dirinya Sendiri”. Dalam Dari Zaman Citra Ke Metafiksi: Bunga Rampai Telaah DKJ (Zen Hae). Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Cahyadi, I Nyoman Adi. 2017. “Analisis Novel Tempurung Karya Oka Rusmini Berdasarkan Strukturalisme Genetik”. Tesis (Tidak Diterbitkan). Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Karmini, Ni Nyoman. 2011. Teori Pengkajian Fiksi dan Drama. Denpasar: Pustaka Larasan.

Kutha Ratna, Nyoman. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lasmini, Mini. 2011. “Fokalisasi dan Tema dalam Novel Namok Karya Park Wan Seo”. Tersedia di http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20273520-S434-Fokalisasi%20dan.pdf, diakses pada Selasa, 28 Nopember 2017: 06.30 Wita.

Luxemburg dkk. 1991. Tentang Sastra. Terjemahan Akhadiati Ikram. Jakarta: Intermasa.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rahmanto. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Rusmini, Oka. 2017. Tempurung. Jakarta: PT Grasindo.

Safari, Dede Muhtar. 2015. “Novel Tempurung Karya Oka Rusmini, Nilai Pendidikan Karakter dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di Perguruan Tinggi”. Tersedia di http://id.portalgaruda.org/?ref=search&mod=document&select=title=kajian+feminisme+novel+tempurung+karya+oka+rusmini&button=Search+Document, diakses pada Rabu, 21 Pebruari 2018: 22.40 Wita.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tripungkasingtyas, Sri Yuniarti. 2013. “Relasi dan Peran Gender Perempuan Bali dalam Novel Tempurung Karya Oka Rusmini: Kajian Feminis”. Tersedia di http://ejournal.
eprints.uny.ac.id/18010/1/Sri%20Yuniarti%20T%2009210144016, diakses pada Selasa, 28 Nopember 2017: 06.30 Wita.

Umniyyah, Zahratul. 2014. “Representasi Keperempuanan dalam Novel Tempurung Karya Oka Rusmini: Suatu Tinjauan Ecriture Feminine”. Tersedia di https://eprints.uns.ac.id/17360/1/AWAL.pdf=tesis, diakses pada Selasa, 28 Nopember 2017: 06.30 Wita.

Wellek, Rene & Austin, Warren. 2016. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Published

2018-12-04

How to Cite

Dewi, N. P. Y., Ekasriadi, I. A. A., & Sujaya, I. M. (2018). FOKALISASI NOVEL TEMPURUNG KARYA OKA RUSMINI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA/SMK. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 7(1), 92-109. https://doi.org/10.59672/stilistika.v7i1.99