PENERAPAN METODE DRILL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 7 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.59672/stilistika.v7i1.98Keywords:
Metode Drill, Teks Eksposisi, Kemampuan Memproduksi TeksAbstract
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta siswa X MIPA 4 SMA Negeri 7 Denpasar 2017/2018 yang berjumlah 36 orang, terdiri atas 15 laki-laki dan 21 perempuan. Siklus penelitian memiliki tahapan diantaranya: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitiaan menunjukkan nilai rata-rata refleksi awal 63,69, nilai siklus I 71,67, nilai siklus II 79,17. Ini berarti telah ada peningkatan dari prasiklus ke siklus I dan siklus II sebesar 7,50. Begitu juga nilai rata-rata hasil observasi peserta didik pada siklus I nilai rata-rata 69,44 dengan predikat cukup meningkat pada siklus II nilai rata-rata 80,56 dengan predikat tinggi dan jumlah klasikal 34 peserta didik atau 94,44%. Jadi, Penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan memproduksi teks eksposisi dan respon pada peserta didik kelas.
This study uses a class action research design. The research subjects were participants of student X MIPA 4 in SMA Negeri 7 Denpasar 2017/2018, amounting to 36 people, consisting of 15 men and 21 women. The research cycle has stages including: planning, implementation, observation, and reflection. The results of the research show the value of the initial reflection average of 63.69, the value of the first cycle of 71.67, the value of the second cycle 79.17. This means that there has been an increase from pre-cycle to cycle I and cycle II at 7.50. Likewise, the average value of the observations of students in the first cycle was an average value of 69.44 with a predicate which was quite increased in the second cycle with an average score of 80.56 with a high predicate and a number of classics of 34 students or 94.44%. So, the application of drill methods can improve the ability to produce exposition texts and responses to class students.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Darmawati, Uti dan Budi Artati. 2016. Bahasa Indonesia Mata Pelajaran Wajib Untuk SMA/MA/SMK/MAK kelas X. Klaten: Intan Pariwara.
Jaya, I Wayan Wikan. 2015. “Upaya Peningkatan Prestasi Menulis Karangan Eksposisi Proses Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Model Rantai Kejadian Pada Siswa Kelas X Tata Boga 3 SMK PARIWISATA PGRI 1 BADUNG Tahun Pelajaran 2014/2015”.
Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Erlangga.
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
Kosasih, Engkos. 2013. Cerdas Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Kunandar. 2016. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Nurkancana dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Parwita, I Dewa Ayu Dewi. 2016. “Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Sebagai Ugrawakia siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016”.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Semi, Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumatri, Ni Made. 2016. “Penerapan Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016”.
Syaiful Bahri dan Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful, Sagala. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualtitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2018 Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.