UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL MELALUI METODE BENGKEL MENULIS (WRITING WORKSHOP) PADA SISWA KELAS XII IPA 3 SEMESTER 2 SMAN 1 KUTA UTARA TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Authors

  • I Wayan Putra SMAN 1 Kuta Utara

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v9i1.958

Keywords:

Metode Bengkel Menulis, Artikel

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan berhasil atau tidaknya metode bengkel menulis (workshop writing) meningkatkan kemampuan menulis artikel siswa kls XII IPA 3, Semester 2, Tahun Pelajaran 2018-2019, (2) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan  metode bengkel menulis (workshop writing) yang efektif dalam  meningkatkan kemampuan  menulis  artikel siswa kls XII IPA 3, Semester 2, Tahun Pelajaran 2018-2019, (3) untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan metode bengkel menulis dalam pembelajaran menulis artikel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode bengkel menulis dapat meningkatkan kemampuan menulis artikel. Peningkatan ini dapat diketahui dari peningkatan skor siswa. Skor tes pratindakan hanya mencapai 61.83. Setelah diadakannya siklus I skor rata-rata 63,81 dan pada siklus II skor rata-rata siswa meningkat menjadi 75,68. Peningkatan ini terjadi karena langkah-langkah yang digunakan dalam kegiatan menulis artikel dengan menggunakan metode bengkel menulis sangat tepat. Siswa kelas XII IPA 3 memberikan respon positif terhadap penggunaan metode bengkel menulis untuk meningkatkan kamampuan menulis artikel. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru pengajar mata pelajaran bahasa Indonesia, sejauh memungkinkan agar menggunakan metode bengkel menulis dalam pembelajaran menulis artikel, sesuai dengan rancangan tindakan yang telah dipaparkan dan dikakukan peneliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. (2015) Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: Refika Aditama.

Mustakim. (1994) Membina Kemampuan Berbahasa: Panduan Ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Gramedia.

Ngalimun. (2016) Strategi dan Model Pembelajaran.Sleman Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rusman. (2014) Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryaman, Maman, Suherli, dan Istiqomah. (2018). Bahasa Indonesia.Bandung: Sarana Pancakarya Nusa.

Sutama, Made. (2016). Pembelajaran Menulis.Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.

Supardi, Suhardjono. (2011) Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Yogyakarta: Andi Ofset.

Suparno dan Yunus, M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis, Jakarta: Universitas Terbuka.

Tukan (2004), Mahir Berbahasa Indonesia. Jakarta: Yudistira.

Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta: Bumi Aksara.

Widyamartaya,Al. dan Sudiatim A. (1997). Dasar-dasar Menulis Karya Sastra Ilmiah. Jakarta: Grasindo

Published

2020-11-30

How to Cite

Putra, I. W. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL MELALUI METODE BENGKEL MENULIS (WRITING WORKSHOP) PADA SISWA KELAS XII IPA 3 SEMESTER 2 SMAN 1 KUTA UTARA TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 9(1), 67-79. https://doi.org/10.59672/stilistika.v9i1.958