UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL MELALUI METODE BENGKEL MENULIS (WRITING WORKSHOP) PADA SISWA KELAS XII IPA 3 SEMESTER 2 SMAN 1 KUTA UTARA TAHUN PELAJARAN 2018-2019
DOI:
https://doi.org/10.59672/stilistika.v9i1.958Keywords:
Metode Bengkel Menulis, ArtikelAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan berhasil atau tidaknya metode bengkel menulis (workshop writing) meningkatkan kemampuan menulis artikel siswa kls XII IPA 3, Semester 2, Tahun Pelajaran 2018-2019, (2) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode bengkel menulis (workshop writing) yang efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel siswa kls XII IPA 3, Semester 2, Tahun Pelajaran 2018-2019, (3) untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan metode bengkel menulis dalam pembelajaran menulis artikel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode bengkel menulis dapat meningkatkan kemampuan menulis artikel. Peningkatan ini dapat diketahui dari peningkatan skor siswa. Skor tes pratindakan hanya mencapai 61.83. Setelah diadakannya siklus I skor rata-rata 63,81 dan pada siklus II skor rata-rata siswa meningkat menjadi 75,68. Peningkatan ini terjadi karena langkah-langkah yang digunakan dalam kegiatan menulis artikel dengan menggunakan metode bengkel menulis sangat tepat. Siswa kelas XII IPA 3 memberikan respon positif terhadap penggunaan metode bengkel menulis untuk meningkatkan kamampuan menulis artikel. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru pengajar mata pelajaran bahasa Indonesia, sejauh memungkinkan agar menggunakan metode bengkel menulis dalam pembelajaran menulis artikel, sesuai dengan rancangan tindakan yang telah dipaparkan dan dikakukan peneliti.
Downloads
References
Abidin, Yunus. (2015) Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: Refika Aditama.
Mustakim. (1994) Membina Kemampuan Berbahasa: Panduan Ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Gramedia.
Ngalimun. (2016) Strategi dan Model Pembelajaran.Sleman Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rusman. (2014) Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suryaman, Maman, Suherli, dan Istiqomah. (2018). Bahasa Indonesia.Bandung: Sarana Pancakarya Nusa.
Sutama, Made. (2016). Pembelajaran Menulis.Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.
Supardi, Suhardjono. (2011) Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Yogyakarta: Andi Ofset.
Suparno dan Yunus, M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis, Jakarta: Universitas Terbuka.
Tukan (2004), Mahir Berbahasa Indonesia. Jakarta: Yudistira.
Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta: Bumi Aksara.
Widyamartaya,Al. dan Sudiatim A. (1997). Dasar-dasar Menulis Karya Sastra Ilmiah. Jakarta: Grasindo
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.