UPAYA MENUMBUHKAN SIKAP SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI KELAS XII SMK NEGERI 1 SUKAWATI
DOI:
https://doi.org/10.59672/stilistika.v9i1.955Keywords:
Sikap Siswa, Pembelajaran SastraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) sikap siswa kelas XII terhadap pembelajaran Sastra Indonesia di SMK Negeri 1 Sukawati, (2) faktor-faktor yang berpengaruh terhadap sikap siswa kelas XII terhadap pembelajaran Sastra Indonesia di SMK Negeri 1 Sukawati, dan (3) kendala-kendala yang dihadapi guru untuk menumbuhkan sikap positif terhadap pembelajaran Sastra Indonesia siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Sukawati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya guru dalam meningkatkan sikap siswa, yaitu menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru dan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa. (2) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap sikap siswa pada pembelajaran Sastra Indonesia, yaitu faktor fisiologis, psikologis, faktor sosial, yaitu lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, dan lingkungan di dalam keluarga. (3) kendala-kendala yang dihadapi guru, yaitu menerapkan metode pembelajaran karena situasi tidak kondusif, alokasi waktu, dan mengevaluasi sikap siswa terhadap pembelajaran sastra. Guru mengalami berbagai kendala saat meningkatkan sikap siswa terhadap pembelajaran sastra. Untuk itu, disarankan kepada guru bahasa Indonesia agar lebih meningkatkan upaya dan cara mengajar, baik dari penerapan suatu metode pembelajaran maupun strategi-strategi yang digunakan dalam proses belajar-mengajar.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Awangga, 2007. Desain Proposal Penelitian. Yogyakarta : Pyramid Publisher.
Azwar, Saifuddin. (1995). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.
Bungin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Djamarah,BA& Zain Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Hamalik, oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Jabrohim. 2012. Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Nurkancana, W.,& Sunartana, P.P.N. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Putra, Meirwandina. 2004.”Sikap Bahasa Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri terhadap Bahasa Indonesia. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan)”. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
Sedarmayanti dan Hidayat, Syarifudin. 2002. Metodelogi Penelitian. Bandung : Mandar Maju.
Sudjana .1997. Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Rosdakarya.
Sumarsono dan Partana Paina. 2002. Sosiolinguitik. Yogyakarta: SABDA.
Sumarsono. 2007. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Supriyanto, Teguh. 2011. Kajian Stilistika dalam Prosa. Yogyakarta: Elmatera Publishing.
Susanto, Dwi. 2012. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: CAPS.
Suwito. 1983. Pengantar Awal Sosiolinguistik: Teori dan Problema. Sala: Henary Offset.
Wijana, Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2006. Sosiolinguistik Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.