MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI TKR 1 SMK PGRI 2 BADUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE WRITING CONFERENCE TAHUN AJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.59672/stilistika.v9i1.954Keywords:
Metode Writing Conference, Menulis CerpenAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode writing conference dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa. Objek penelitian pembelajaran menulis cerpen dengan metode writing conference. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasiatau pengamatan, dan tahap refleksi. Hasil penelitian untuk kemampuan menulis cerpen siswa termasuk kategori cukup dengan nilai rata-rata 2.77 pada siklus satu, pada silkus II sebesar 3,08 dan pada siklus III sebesar 3,42. Jadi penerapan metode writing conference dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI TKR 1 SMK PGRI 2 Badung Tahun Pelajaran 2014/2015.
Downloads
References
Azwar, Saifudin. (1998). Metode Penelitian. Jogjakarta: Pustaka Belajar.
Depdikbud. (1998). Kamus Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Gugus,Mardini.(1999). Peningkatan Ketrampilan menulis Puisi Menggunakan Metode Conference Writing. Jurnal Gentengkali No 3 Tahun III Surabaya Proyek PPM SLTP JATIM
Kasihani, Kasballah. (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: IKIP Malang
Soedarsono, F.X. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas: Rencana Desain dan Inplementasi. Jogjakarta : Dirjen Dikti.
Suyuti, Sumitro A. (1997). Apresiasi Prosa Fiksi. Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, Henry Guntur. (1983). Menulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
__________, (1991). Metode Pengajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.