NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TARI BARIS TUNGGAL
DOI:
https://doi.org/10.59672/stilistika.v7i1.92Keywords:
Seni, Pendidikan KarakterAbstract
Pendidikan merupakan penentu dari pengembangan karakter. Didalam mempelajari seni tari tidak hanya memperlajari gerak saja, namun juga nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Tari Baris Tunggal merupakan salah satu tarian yang didalamnya terdapat nilai-nilai karakter. Pembelajaran seni tari sebagai salah satu alternatif untuk membantu mengenalkan dan mengembangkan pengetahuan seseorang tentang budaya lokal. Nilai-nilai karakter tersebut memiliki peranan membentuk karakter seseorang dengan Tuhan, diri sendiri, sesama, dan kebangsaan yang terkandung didalam geraknya.
Education is a determinant of character development. In learning the art of dance not only learn about motion, but also the values contained in it. Baris dance is one of the dances in which there are character values. Dance learning is an alternative to help introduce and develop one's knowledge of local culture. These character values have a role in shaping a person's character with God, themselves, others, and nationalities contained in their movements.
Downloads
References
Asmi, Jamal Ma’mur.2011. Buku Pedoman Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Djayus, Nyoman. 1980. Teori Tari. Bali: Sumber Mas Bali.
Herimanto dan Winano. 2011. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kusuma, A. Dani.2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Zuchdi, Damiyanti, dkk. 2013. Model Pendidikan Karakter. Yogyakarta : Perpustakaan Nasional.
https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_karakter
http://belajarpsikologi.com/pengertian-pendidikan-karakter
https://www.google.co.id/search?q=tari+baris+tunggal&safe=strict&hl=id&source=lnms&tbm=isch&sa=x&ved=0ahukewi4rnicmtteahxeun0khdwraw8q_auidygc&biw=1366&bih=654
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2018 Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.