PENGARUH PENGGUNAAN MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS KARAKTER BANGSA TERHADAP KARAKTER MAHASISWA STIKOM BALI

Authors

  • Ni Putu Desy Damayanthi ITB Stikom Bali
  • Muhammad Rusli

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v8i2.770

Keywords:

Modul, Bahasa Indonesia, Karakter Bangsa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul bahasa Indonesia berbasis karakter bangsa terhadap karakter mahasiswa Stikom Bali. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah (1) Dosen Pengampu Mata Kuliah Bahasa Indonesia, dan (2) Mahasiswa Stikom Bali. Metode yang pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi, (2) angket, dan (3) wawancara.   Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa modul bahasa Indonesia berdasarkan karakter bangsa berpengaruh terhadap karakter mahasiswa Stikom Bali. Adapun saran yang dapat diberikan adalah (1) modul bahasa Indonesia berbasis karakter bangsa agar terus dikembangkan menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

 

This study aims to determine the effect of the nation-based Indonesian language module on the character of Stikom Bali students. This study uses a descriptive qualitative research design. The data sources of this study are (1) Lecturers of Indonesian Language Subjects, and (2) Stikom Bali Students. The data collection methods used were (1) observation, (2) questionnaire, and (3) interview. Based on the results of the analysis it can be concluded that the Indonesian language module based on the nation's character influences the character of Stikom Bali students. The suggestions that can be given are (1) the Indonesian language module based on the nation's character so that it continues to be developed in accordance with the times.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Alex dan Achmad H.P. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas.

Diknas. 2004. Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jeneral pendidikan Dasar, Menengah, dan Umum.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Preesindo.

Kemdikbud. 2013. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kemdikbud RI.

Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 2006. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/03/04/konsep-pengembangan-bahan-ajar-2/ diunduh tanggal 10 Mei 2016.

Sugiyono. 2012. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Edisi Ketiga. Bandung: Alfabeta.

Published

2019-05-28

How to Cite

Ni Putu Desy Damayanthi, & Muhammad Rusli. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS KARAKTER BANGSA TERHADAP KARAKTER MAHASISWA STIKOM BALI. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 228-235. https://doi.org/10.59672/stilistika.v8i2.770