MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENULIS AKSARA BALI SISWA KELAS IX.10 SMP NEGERI 1 KUTA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ”NHT”

Authors

  • Ni Wayan Sariani SMP Negeri 1 Kuta Selatan

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v8i1.582

Keywords:

Menulis Aksara Bali, Kooperatif Tipe NHT

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan prestasi belajar menulis aksara Bali siswa kelas IX.10 SMP Negeri 1 Kuta Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Informasi yang dapat digali dari hasil penelitian ini dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan terutama di bidang Bahasa Bali serta bisa sebagai acuan bagi peneliti selanjutnya. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pasang aksara Bali dan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT. Teori pasang aksara Bali yang digunakan meliputi : fungsi aksara Bali, jenis-jenis aksara Bali, pengangge aksara Bali, angka/wilangan Bali, serta gantungan dan gempelan. Penelitian dilaksanakan di kelas IX.10 SMP Negeri 1 Kuta Selatan pada mata pelajaran Bahasa Bali. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan yaitu bulan Februari  sampai dengan bulan Maret 2018. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode pengumpulan data berupa tes dan observasi dengan instrumen penelitian tes dan observasi. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan melalui dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar menulis aksara Bali siswa kelas IX.10 dari tindakan pra siklus sampai dengan siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 78,35 dan ketuntasan belajar di kelas telah mencapai 79,4%. Data tersebut telah melampaui target yang ditetapkan. Sehingga model pembelajaran kooperatif tipe NHT mampu meningkatkan prestasi belajar menulis aksara Bali siswa kelas IX.10 SMP Negeri 1 Kuta Selatan.

 

This Classroom Action Research aims to determine the effectiveness of the application of the NHT type of cooperative learning model to improve learning achievement of Balinese script writing for students of class IX.10 Middle School 1 Kuta Selatan in the academic year 2017/2018. Information that can be extracted from the results of this study can add to the treasury of science, especially in the field of Balinese Language and can be used as a reference for further researchers. The theories used in this study are the Balinese script theory and the NHT type Cooperative Learning Model. The Balinese script theory used includes: Balinese script functions, types of Balinese scripts, Balinese script holders, Balinese numbers / numbers, as well as hangers and seals. The study was conducted in class IX.10 SMP Negeri 1 Kuta Selatan on Balinese subjects. This research was conducted for two months, from February to March 2018. The data obtained were in the form of quantitative and qualitative data. Data collected through the method of data collection in the form of tests and observations with test and observation research instruments. The learning model used is the NHT type of cooperative learning model through two cycles. The results showed that there was an increase in the learning achievement of writing Balinese scripts for grade IX.10 students from pre-cycle to cycle II. In the second cycle the average value of the class reached 78.35 and mastery learning in the class had reached 79.4%. The data has exceeded the target set. So that the NHT type of cooperative learning model can improve the learning achievement of writing Balinese script grade IX.10 students of SMP Negeri 1 Kuta Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
______. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rineka Cipta.
______. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Dinas Kebudayaan Propinsi Bali. 2003. Pedoman Pasang Aksara Bali. Denpasar : Dinas Kebudayaan Propinsi Bali.
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Provinsi Bali. 2011. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terintegrasi dengan Karakter Bangsa. Denpasar : UPT BPKTP Bali.
______. 2011. Silabus Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Bali dan Budi Pekerti Sekolah Menengah Pertama Terintegrasi dengan karakter Bangsa. Denpasar : UPT BPKTP Bali.
Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Universitas Negeri
Surabaya University Press.
Isjoni, H. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Iskandar. 2009. ”Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta : Gaung Persada Press.
Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
¬¬¬¬______. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT .Rajagrafindo Persada.
Nala, Ngurah. 2006. Aksara Bali dalam Usada. Surabaya : Paramita Surabaya.
Riyanto, Yatim. 2008. Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya : Kencana.
Sanjaya,Wina. 2006. Strategi Pembelajaran . Jakarta : Kencana.
Simpen, Wayan. 1973. Pasang Aksara Bali. Denpasar : Upada Sastra.
Suparno, 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.
Suyatno. 2009. ”Menjelajah Pembelajaran Inovatif”. Surabaya : Masmedia Buana
Pustaka.
Tim Pustaka Phoenix. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta :Tim Pustaka Phoenix.
_______. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Baru. Jakarta : Tim Pustaka Phoenix.
Trianto. 2009. Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana
Prenada Media Group.
_______. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.

Published

2019-11-30

How to Cite

Sariani, N. W. (2019). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENULIS AKSARA BALI SISWA KELAS IX.10 SMP NEGERI 1 KUTA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ”NHT”. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(1), 128-141. https://doi.org/10.59672/stilistika.v8i1.582