MEMBANGUN KOMPETENSI LITERASI MULTIMODAL: STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TRI HITA KARANA DAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.59672/stilistika.v14i1.5620Keywords:
literasi multimodal, Tri Hita Karana, pendidikan karakter, pembelajaran Bahasa Indonesia, era digitalAbstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong munculnya teks multimodal yang tidak lagi hanya mengandalkan bahasa verbal, melainkan juga mencakup unsur visual, audio, dan interaktif. Kondisi ini menuntut adanya penguatan literasi multimodal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia agar peserta didik mampu memahami, menginterpretasi, sekaligus memproduksi teks sesuai tuntutan abad ke-21. Di sisi lain, pendidikan karakter berbasis nilai kearifan lokal menjadi semakin penting agar peserta didik tidak terjebak pada perilaku digital yang pragmatis dan lepas dari akar budaya. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep literasi multimodal, integrasi nilai Tri Hita Karana, serta relevansinya dalam membentuk pendidikan karakter peserta didik di era digital.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka (library research). Data diperoleh dari literatur primer dan sekunder berupa artikel jurnal nasional maupun internasional, buku, serta dokumen kebijakan pendidikan yang relevan, terbit dalam rentang waktu 2015–2025. Analisis dilakukan dengan teknik analisis isi tematik yang dibantu perangkat lunak NVivo 12 Plus, dengan tahap reduksi, kategorisasi, interpretasi, dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi multimodal dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kolaboratif, dan kreatif peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Integrasi nilai Tri Hita Karana memberikan dimensi baru yang menghubungkan kemampuan digital dengan nilai spiritual (Parahyangan), sosial (Pawongan), dan ekologis (Palemahan). Pembelajaran multimodal yang berlandaskan kearifan lokal terbukti relevan untuk memperkuat pendidikan karakter sehingga peserta didik tidak hanya cakap digital, tetapi juga beretika, berbudaya, dan bertanggung jawab
Downloads
References
Abdullah A. (2013). Pendidikan karakter di era global. Jakarta: Rajawali Pers.
Fauzan H., Rahmawati D., & Lestari P. (2022). Tantangan guru dalam implementasi literasi multimodal di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 22(2), 145–158. https://doi.org/10.24036/jpbs.v22i2.321
Lestari N., Suharto B., & Prasetya A. (2025). Multimodal literacy and critical reading skills: A study on Indonesian senior high schools. Journal of Language and Education Research, 15(1), 12–28. https://doi.org/10.1234/jler.v15i1.908
Mills K. (2016). Literacy theories for the digital age: Social, critical, multimodal, spatial, material and sensory lenses. Bristol: Multilingual Matters.
Purba M., Hidayat A., & Samosir R. (2024). The effectiveness of multimodal-based learning in improving students’ writing skills. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 14(2), 200–215. https://doi.org/10.17509/ijal.v14i2.4419
Puspita R., & Dewi N. (2020). Digital literacy and students’ ethical awareness: Multimodal learning in Indonesian context. Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(1), 55–67. https://doi.org/10.17977/jip.v26i1.8923
Putri M., Adnyani N., & Santosa I. (2023). Integrating local wisdom in digital learning: The case of Tri Hita Karana in Bali. International Journal of Instructional Technology, 8(3), 77–91. https://doi.org/10.5281/zenodo.1012312
Sari D. (2021). Multimodal literacy in classroom practice: Building communication and collaboration skills. Journal of Language Teaching and Research, 12(4), 655–663. https://doi.org/10.4304/jltr.12.4.655-663
Suardana I. (2018). Tri Hita Karana sebagai basis pendidikan karakter di sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 157–170. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21311
Usman A., Setiawan D., & Rahayu S. (2000). Pendidikan karakter dan pembangunan bangsa. Bandung: Alfabeta.
Wangiyana W. (2004, 2007). Farming systems management of arbuscular mycorrhizal fungi for sustainable crop production in rice-based cropping systems. Ph.D. Thesis, University of Western Sydney, Australia. http://library.westernsydney.edu.au/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.













