DAMPAK METODE KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH TEKS ARTIKEL KONSEPTUAL
DOI:
https://doi.org/10.59672/stilistika.v14i1.5530Keywords:
pembelajaran kontekstual, kemampuan menulis karya ilmiah, pendidikan pariwisataAbstract
Problematika kompetensi literasi akademik mahasiswa pariwisata menuntut inovasi pedagogis yang responsif terhadap karakteristik disiplin ilmu terapan. Riset ini bertujuan menganalisis dampak implementasi metode kontekstual terhadap akselerasi kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa pariwisata. Menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis-McTaggart dengan subjek 22 mahasiswa semester dua Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional, penelitian dilaksanakan dalam dua siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data melalui triangulasi observasi partisipatif, penilaian produk tulisan menggunakan rubrik analitik, dan wawancara mendalam. Temuan menunjukkan eskalasi signifikan rerata skor kemampuan menulis dari 2,10 menjadi 3,36 atau meningkat 60 persen dengan ketuntasan belajar mencapai 81,82 persen. Dimensi analisis-sintesis literatur mengalami amplifikasi tertinggi sebesar 67,69 persen. Pembelajaran kontekstual yang mengintegrasikan fenomena industri pariwisata kontemporer, scaffolding terstruktur, dan peer-review kolaboratif terbukti efektif mentransformasi kompetensi literasi akademik sekaligus meningkatkan motivasi dan persepsi mahasiswa terhadap relevansi penulisan ilmiah dengan pengembangan profesional mereka.
Downloads
References
Agustina, N. laras. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching And Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Muta’aliyah, 9(1), 1–9.
Dwiyanti, A., & Lolita, Y. (2023). The Effectiveness Of Role Play In Improving Speaking Skill Of Efl Students. 3(October), 106–109.
Ermalianti, E., Yansyah, Y., Istati, M., Fadilah, H., & Rahmi, N. (2024). Penguatan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa dengan pelatihan menulis berbasis teks mentor. Jurnal Anugerah, 6(2), 201–212. https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i2.7369
Hafizah. (2021). Kemampuan Menulis Makalah Ilmiah Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 67, 20–27. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasiEmail
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. In The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2
Maulani, Y., Rohayati, N., & Hidayat, T. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Scrapbook. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 25. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.11680
Nurhasanah, S., Bona, A. A., Nurhaida, D., Sirait, M., Omega, H., & Pinem, P. (2025). Multidisciplinary Science Peningkatan Kemampuan Menulis Mahasiswa melalui Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 2(11), 1834–1839.
Purnamasari, R. (2023). Analisis Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Taman Siswa Bima. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(1), 113–120. https://doi.org/10.57251/ped.v3i1.1014
Puspitoningrum, E. (2020). Analisis Permasalahan pada Kebutuhan Belajar Keterampilan Menulis Makalah Mahasiswa Melalui Model Jigsaw di Era Digital ( Kajian Awal Lesson Study ). 4(1), 2722–1490. https://doi.org/10.29407/jbsp.v4i1.17659
Rababah, L. M. (2022). Contextualization to Enhance Students’ Writing Ability. Theory and Practice in Language Studies, 12(11), 2316–2321. https://doi.org/10.17507/tpls.1211.11
Rosyida, F. A., Hanifah, K., Latif, M. S., & Abidin, M. (2024). Strategi Mahasiswa dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Pascasarjana UIN Malang. Journal of Education Research, 5(2), 2301–1312. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.998
Satiti, W. S., & Ami, M. S. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNWAHA. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 105–110. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i2.2581
Satriani, I., Emilia, E., & Gunawan, M. H. (2012). Contextual teaching and learning approach to teaching writing. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 2(1), 10–22. https://doi.org/10.17509/ijal.v2i1.70
Suratni Suratni, Milcha Handayani Tammubua, Rivaldhy N. Muhammad, Muhammad Sawir, Fredrik Sokoy, Rif’iy Qomarrullah, & Lestari Wulandari. (2025). Pelatihan Keterampilan Menulis Ilmiah bagi Mahasiswa Semester Akhir. ARDHI : Jurnal Pengabdian Dalam Negri, 3(2), 14–23. https://doi.org/10.61132/ardhi.v3i2.1092
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 4, 1–19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.













