EKPLORASI DAN INOVASI SAMPLING MIDI GAMBELAN BALI DALAM MUSIK DIGITAL

Authors

  • Kadek Agung Sari Wiguna Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Ketut Lanus Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Putu Agus Permanamiarta Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v14i1.5408

Keywords:

Gambelan Bali, MIDI, Musik Tradisional, Digitalisasi, Metode, Sampling, Pelestarian Budaya, Inovasi Musik, Teknologi Musik, Musik Hybrid.

Abstract

Gambelan Bali merupakan seni musik tradisional yang memiliki peran penting dalam upacara adat dan kehidupan spiritual masyarakat Bali. Perkembangan teknologi digital, khususnya melalui pemanfaatan MIDI (Musical Instrument Digital Interface), telah membuka peluang baru dalam pelestarian dan pengembangan musik tradisional ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi inovasi dalam penggunaan sampling MIDI pada gambelan Bali serta menganalisis tantangan dan peluang yang muncul dalam proses digitalisasi. Penelitian ini berbentuk kualitatif dan metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara dengan narasumber kunci, dan dokumentasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan MIDI memungkinkan proses rekaman, konversi, dan manipulasi suara instrumen gambelan secara digital, sehingga menciptakan komposisi musik yang autentik dan variatif. Inovasi ini juga memungkinkan integrasi musik tradisional Bali ke dalam genre musik modern, seperti elektronik dan EDM, serta penggunaannya dalam media kontemporer seperti film, game, dan AI. Meskipun terdapat tantangan dalam aspek teknis dan etika, digitalisasi melalui MIDI memberikan kontribusi signifikan terhadap pelestarian, dokumentasi, dan penyebaran musik gambelan Bali secara global. Integrasi antara tradisi dan teknologi ini membuktikan bahwa inovasi dapat berjalan selaras dengan pelestarian identitas budaya di era globalisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Becker, H. S. (1982). Art Worlds. University of California Press.

Boden, M. A. (2004). The Creative Mind: Myths and Mechanisms. Routledge.

Cage, J. (1961). Silence: Lectures and Writings. Wesleyan University Press,.

Collins, M. (2002). MIDI for the Professional. Hal Leonard Corporation.

Donder, I. K. (2005). Esensi Bunyi Gamelan Dalam Ritual Hindu. Pramita.

Geertz, C. (1973). The Interpretation of Cultures. Basic Books.

Gustami, S. P. (2007). Estetika dalam Seni Rupa. Gadjah Mada University Press.

Lotring, I. W. (2010). Gambelan Bali: Tradisi dan Inovasi. Pustaka Bali.

Martinus, S. (2001). Kamus Kata Serapan. Gramedia Pustaka Utama.

McCarthy, J. D. (2004). Technology and Human Interaction. MIT Press.

McLuhan, Marshall & Powers, B. R. (1989). The Global Village: Transformations in World Life and Media in the 21st Century. Oxford University Press.

Munandar, U. (2009). Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Gramedia.

Nettl, B. (2005). The Study of Ethnomusicology: Thirty-One Issues and Concepts. University of Illinois Press.

Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2017). Organizational Behavior. Pearson.

Sangadji, E. M. dan S. (2010). Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dalam Penelitian. C.V. ANDI OFFSET.

Sp., S. (2006). Seni dan Budaya: Konsep dan Perkembangannya. Gramedia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supriyanto, A. (2020). Dinamika Budaya Indonesia dalam Pusaran Globalisasi. Respository Universitas Jember.

Tenzer, M. (2000). Gamelan: The Traditional Sounds of Indonesia. Oxford University Press.

UNESCO., U. (2003). Convention for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage. UNESCO.

Downloads

Published

2025-11-28

How to Cite

Sari Wiguna, K. A., Lanus, I. K., & Permanamiarta, P. A. . (2025). EKPLORASI DAN INOVASI SAMPLING MIDI GAMBELAN BALI DALAM MUSIK DIGITAL. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 14(1), 13–24. https://doi.org/10.59672/stilistika.v14i1.5408