ASESMEN MEMBACA TEKS NONSASTRA DALAM BUKU BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA KELAS VIII

Authors

  • Retno Ayu Setyoningrum Departemen Sastra Indonesia, Universitas Negeri Malang
  • Imam Agus Basuki Departemen Sastra Indonesia, Universitas Negeri Malang
  • Titik Harsiati Departemen Sastra Indonesia, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v14i1.4867

Keywords:

Asesmen Membaca, Kurikulum Merdeka, Stimulus, Latihan Soal, Level Berpikir Kognitif

Abstract

Membaca menjadi salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dikuasai oleh siswa karena dapat meningkatkan kemampuan literasi dalam memahami bacaan dan mendapatkan suatu informasi. Dalam pembelajaran, aktivitas membaca berperan penting untuk melatih siswa membangun pemahaman mengenai berbagai informasi. Namun saat ini, pembelajaran membaca menunjukkan adanya kesulitan yang dialami oleh siswa dalam mengidentifikasi bacaan teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji asesmen membaca pada teks nonsastra dalam buku Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka yang difokuskan pada stimulus, bentuk latihan soal dan level berpikir kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis dokumen secara deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia pada tahun 2011. Hasil penelitian menemukan adanya variasi stimulus, latihan soal membaca dan level berpikir yang dapat disesuiaikan dengan kebutuhan siswa. Muatan tema dan konten dalam stimulus dan latihan membaca relevan dengan konteks kehidupan siswa sehari-hari sehingga menunjang kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliani, Susanti Try, Imam Suyitno, and Nurhadi. 2023. “Asesmen Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Buku Teks Cerdas Cergas Berbahasa Dan Bersastra Indonesia Kelas X SMA.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra 9(2):1296–1305. doi:10.30605/onoma.v9i2.3018.

Barrett, Thomas C. 1976. Taxonomy of Reading Comprehension. Chicago: University of Chicago Press.

Bloom, Benjamin S., Max D. Engelhart, Edward J. Furst, Walker H. Hill, and David R. Keathwohl. 1956. Taxonomy Of Educational Objectives the Classification of Educational Goals. London: Longmans, Green and CO.

Bowen, Glenn A. 2009. “Document Analysis as a Qualitative Research Method.” Qualitative Research Journal 9(2):27–40. doi:10.3316/QRJ0902027.

Budiono, Arifin Nur, and Mochammad Hatip. 2023. “Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran 8(1):109–23. doi:10.56013/axi.v8i1.2044.

Effendi, Effendi, and Muhammad Yusuf. 2024. “Analisis Keterbacaan Teks Nonsastra Dalam Buku Tematik Siswa Kelas VI SD/MI Semester 1 Revisi 2018 Berdasarkan Kriteria SMOG.” Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan 4(11):2. doi:10.17977/um065.v4.i11.2024.2.

Gusfitri, Maya Lestari, and Elly Delfia. 2017. Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Hader, Antik Estika, Ratnawati, and Aldoni Refpri. 2023. “Analisis Stimulus Guru Dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X Man 1 Tebo.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3(5).

Handayani, Langlang, Ani Rusilowati, Budi Naini Mindyarto, Budi Astuti, Sutikno Sutikno, Wasi Sakti Wiwit Prayitno, Gesang Surya Kusuma, Haydnn Caesha Maulana, Anissa Nuha Salsabila, and Maulana Resha Vivadi. 2023. “Peningkatan Keterampilan Menyusun Stimulus Asesmen Literasi Numerasi Guru IPA Kabupaten Banjarnegara.” E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 14(4):842–50. doi:10.26877/e-dimas.v14i4.17344.

Hapsari, Estuning Dewi. 2019. “Penerapan Membaca Permulaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa.” AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra 20(1):10–24. doi:10.23960/aksara/v20i1.pp10-24.

Harianto, Erwin. 2020. “Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa.” DIDAKTIKA 9(1):1–8. doi:https://doi.org/10.58230/27454312.2.

Kusumawardani, Aulia Rachma, Titik Harsiati, and Imam Agus Basuki. 2024. “Karakteristik Asesmen Membaca Nonsastra Dalam Buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra 10(3):3283–91. doi:10.30605/onoma.v10i3.4147.

Makhisoh, Iis, and Nurus Suroyya. 2022. “Analisa Butir Soal Ujian Madrasah Bahasa Arab Menurut Taksonomi Bloom.” Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4(1):40–52.

Mastoah, Imas. 2016. “Keterampilan Membaca.” Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar 8(2):175–84.

Nasrum, Akbar, and Made Subawo. 2022. “Pengembangan Aplikasi Latihan Soal Untuk Menghadapi Ujian Sekolah.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11(3):1729–38. doi:10.24127/ajpm.v11i3.5459.

Puryati, Enung. 2017. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menyelesaikan Soal Latihan Matematika Melalui Pembatasan Waktu Pada Setiap Pertemuan.” PRISMA 6(2):192–201. doi:10.35194/jp.v6i2.124.

Rosnaeni. 2021. “Karakteristik Dan Asesmen Pembelajaran Abad 21.” Jurnal Basicedu 5(5):4341–50. doi:10.31004/basicedu.v5i5.1548.

Smith, Frank. 2004. Understanding Reading A Psycholinguistic Analysis of Reading and Learning to Read. London.

Sodik, Mokhamad. 2016. “Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Script Dalam Materi Membaca Teks Non Sastra Bahasa Jawa.” Didaktikum: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas 17(2):14–19.

Tahmidaten, Lilik, and Wawan Krismanto. 2020. “Permasalahan Budaya Membaca Di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya).” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10(1):22–33. doi:10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

Downloads

Published

2025-11-28

How to Cite

Setyoningrum, R. A., Basuki, I. A., & Harsiati, T. (2025). ASESMEN MEMBACA TEKS NONSASTRA DALAM BUKU BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA KELAS VIII. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.59672/stilistika.v14i1.4867