TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM WACANA JUAL BELI ONLINE DI MEDIA SOSIAL TIKTOK @WARDAHOFFICIAL
DOI:
https://doi.org/10.59672/stilistika.v13i2.4642Keywords:
Jual Beli Online, Media Sosial Tiktok, Tindak Tutur DirektifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan strategi tindak tutur jual beli oleh host live saat sesi live streaming di akun Tiktok @wardahofficial. Data primer penelitian ini berupa tuturan lisan yang host live saat sesi live streaming. Pengambilan data dilakukan pada Sabtu, 10 Oktober 2024, jam 20.00--22.00. Data tersebut dikumpulkan menggunakan metode simak, rekam layar dan tangkap layar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan pendekatan pragmatik dan disajikan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya 386 bentuk tindak tutur direktif, yaitu memerintah, meminta, menasihati, menawarkan, mengajak, menyarankan, menganjurkan, memperingatkan, mendesak, melarang, dan memperbolehkan. Bentuk tuturan direktif yang paling banyak ditemukan adalah menyarankan karena host live harus dapat membantu dan meyakinkan pembeli untuk check out dan payment produk. Dari 386 bentuk tindak tutur, terdapat dua strategi yang digunakan, yaitu (1) implisit, langsung, literal, tersirat, serta (2) implisit, langsung, literal, tersurat yang paling banyak digunakan karena proses jual beli tersebut dilakukan secara online dengan keterbatasan waktu sehingga membutuhkan keefektivan waktu untuk berinteraksi secara jelas, mudah dipahami, serta menghindari kesalahpahaman.
Downloads
References
Austin, J. L. (1995). How To Do Things With Words (J.O. Urmson (ed.); 2nd ed.). Oxford University Press.
Basid, A. (2020). ). Pragmatik: Tindak tutur dan Implikatur. Edulitera.
Chaer, A. (2014). Pragmatik: Perkenalan awal. Rineka Cipta.
Fatika, R. A. (2024). 8 Negara dengan Pengguna Tiktok Terbesar di Dunia. GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/10-negara-dengan-pengguna-tiktok-terbesar-indonesia-urutan-berapa-xFOgI.
Halliday, M. Q. (1992). Bahasa, Konteks, dan Teks: Aspek-aspek Bahasa dalam Pandangan Semiotik Sosial. Gadjah Mada University Press.
Hariwijaya, M. (2015). Metodologi dan Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi untuk Ilmu Sosial dan Humaniora. Parama Ilmu.
Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Zanafa Publishing.
Howe, S. (2024). Main Reasons for Using Social Media. Meltwater. https://www.meltwater.com/en/blog/social-media-statistics-indonesia.
Keegan, M. (2024). Top 10 beauty brands in Southeast Asia. Campaign. https://www.campaignasia.com/article/top-10-beauty-brands-in-southeast-asia/498066.
Leech, G. (2014). Principles of Pragmatics. Routledge.
Masruri, A., Winda Hafifah, A., Fiamanillah, F., & Fatmawati, F. (2023). Tindak Tutur Ekspresif Pembeli dalam Aplikasi TikTok. Sajak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 2(3), 10–18. https://journal.uir.ac.id/index.php/sajak/article/view/15240.
Nadar, F. X. (2009). Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Graha Ilmu.
Nurmaily, N. (2017). Pragmatik: Teori dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa. Deepublish.
Populix. (2022). The Social Commerce Landscape in Indonesia. https://info.populix.co/articles/report/the-social-commerce-in-indonesia/.
Searle, J. R. (1969). Speech Acts: An Essay in the Philosophy of Language. Cambridge University Press.
Searle, J. R. (1979). Expression and Meaning: Studies in The Theory of Speech Acts. Cambridge University Press.
Sihombing, C. I. G. (2024). Analisis Tindak Tutur Ilokusi pada Interaksi Penjual Pembeli Live TikTok Kajian Pragmatik Searle. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 1(3). https://journal.lpkd.or.id/index.php/Dilan .
Suharti, N. (2018). Bahasa dalam Interaksi Jual Beli: Kajian Pragmatik. Pustaka Pelajar.
Wijana, I Dewa Putu., dan M. R. (2011). Analisis Wacana Pragmatik (Kajian Teori dan Analisis). Yuma Pustaka.
Wijana, I. D. P. (2021). Dasar-Dasar Pragmatik. Andi Offset.
Yule, G. (2006). Pragmatik. Pustaka Pelajar.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.