ANALISIS KEBUTUHAN BAHASA JEPANG PERHOTELAN BIDANG TATA HIDANGAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PERHOTELAN

Authors

  • Anak Agung Ratih Wijayanti Universitas Triatma Mulya
  • Putu Cicilia Septipani Prodi Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v13i2.4561

Keywords:

Analisis Kebutuhan, Bahasa Jepang, Tata Hidangan, Perhotelan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan bahasa Jepang pada bidang Tata Hidangan yang digunakan dalam industri perhotelan dan restoran. Subjek pada penelitian ini sebanyak 40 orang mahasiswa yang telah magang pada industri perhotelan dan restoran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner yang disebarkan dengan google form dan wawancara dengan 5 orang mahasiswa yang terdiri dari 2 mahasiswa yang pernah magang di Jepang dan 3 orang yang telah magang pada hotel dan restoran di Bali. Wawancara pada penelitian ini bertujuan mentriangulasi data yang diperoleh pada kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah kebutuhan bahasa Jepang yang diperlukan dalam pembelajaran dikaitkan dengan situasi nyata yang ditemui pada industri perhotelan dan restoran. Situasi yang mendapatkan tingkat kebutuhan yang sangat tinggi diantaranya pesanan tamu di restoran, menyatakan harga makanan dalam bahasa Jepang, menjelaskan menu kepada tamu di restoran, dan menjelaskan peralatan di restoran maupun di kitchen. Selain pembelajaran terkait situasi di restoran, diperlukan pembelajaran terkait omotenashi (keramah tamahan) dan konsep budaya Jepang dalam melayani tamu Jepang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Choi, J., & Jeon, H. “Harry.” (2020). Are all Asian tourists the same? Chinese versus Japanese dining satisfaction. British Food Journal, 122(11), 3529–3545. https://doi.org/10.1108/BFJ-06-2019-0454.

Duralia, O. (2017). Culinary Tourism. A New Trend on the Tourism Market. Expert Journal of Marketing, 5(2), 66–71. www.ec.europa.eu/eurostat.

Ery, A. P. (2020). Japanese Cultural and Cultural Competency of Food and Beverage Service Fusimi Restaurant in The Onsen Hot Spring Resort in Batu City.

Graziano, A. (2019). Learning second language through restaurant menu dish names. Journal of E-Learning and Knowledge Society, 15(1), 67–82. https://doi.org/10.20368/1971-8829/1567

Hidayati, D., & Nur’aini, A. (2020). Pendahuluan Mempelajari suatu bahasa telah dilakukan oleh manusia sejak mereka lahir . Mempelajari bahasa dimulai dari belajar bahasa ibu , yang. 07(02), 21–34.

Ho, Y. Y., & Lim, L. (2021). Targeting student learning needs: the development and preliminary validation of the Learning Needs Questionnaire for a diverse university student population. Higher Education Research and Development, 40(7), 1452–1465. https://doi.org/10.1080/07294360.2020.1818062.

Indriati stuti, T. (2018). Analisis Kebutuhan Buku Ajar Percakapan Bahasa Jepang Yang Berorientasi Hospitality Bagi Mahasiswa Program Internship D3 Bahasa Jepang Uty. Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 2(2), 315–330. https://doi.org/10.18196/jjlel.2220.

Iwan, K., & Iwan, B. (2014). Current Trends in Culinary Tourism. 45–62. https://consensus.app/papers/current-trends-in-culinary-tourism-iwan-iwan/76b1744a21df57c983d264f070a633b9/.

Iwata, Y., & Okada, M. (2018). Teaching Japanese language in tourism and customer service skills. Journal of Global Tourism Research, 3(2), 75–80. https://doi.org/10.37020/jgtr.3.2_75.

Juangsih, J., Emzir, E., & Rasyid, Y. (2021). the Needs Analysis of Four Primary Language Skills in Developing Japanese Teaching Materials for Tourism Purposes. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 20(2), 185–196. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v20i2.33059.

Kanah. (2016). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Jepang pada Program Studi D III Usaha Perjalanan Wisata dan Perhotelan Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali. Jurnal Sosial Humaniora, 4(3), 197–205.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2025). Perkembangan Pariwisata November 2024.

Kuraesin, U. (2021). Omotenashi Concept in Japanese Expression in Hospitality. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(8), 458–462. https://maggiesensei.com/2015.

Lv, L., Gao, X. (Andy), & Teo, T. (2017). Intercultural Orientations as Japanese Language Learners’ Motivation in Mainland China. Critical Inquiry in Language Studies, 14(1), 1–24. https://doi.org/10.1080/15427587.2016.1217739.

Meliyanty, N. L., Ayu Dian Andriyani, A. A., & Nurita, W. (2023). Implementasi Keigo Pada Website Ayana Resort Dan Four Seasons Resort. Omiyage : Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa Jepang, 6(1), 146–156. https://doi.org/10.24036/omg.v6i1.514.

Morishita, S. (2021). What is Omotenashi? A Comparative Analysis with Service and Hospitality in the Japanese Lodging Industry. Journal of Advanced Management Science, 9(4), 88–95. https://doi.org/10.18178/joams.9.4.88-95.

Prasetyo, A., & Hadi, D. (2020). Japanese Cultural and Cultural Competency of Food and Beverage Service Fushimi Restaurant in the Onsen Hot Spring Resort in Batu City. 4531, 43–55.

Rustandi, A. P. P. (2022). JAPANEDU : Complaint Discourse Features in Modality Forms. 07(02), 64–76.

Savana, A. F., & Lantang, A. G. (2023). Japanese and Indonesian Expressions of Hospitality At Hotel. Language Literacy: Journal of Linguistics, Literature, and Language Teaching, 7(2), 482–493. https://doi.org/10.30743/ll.v7i2.8221.

Sutjiati, N., & Rasiban, L. M. (2018). The Comprehension of Japanese Culture in Learning Japanese as Foreign Language. 737–740. https://doi.org/10.5220/0007174207370740.

Szatrowski, P. (2014). Introduction to Language and Food: The verbal and nonverbal experience (pp. 3–28). https://doi.org/10.1075/pbns.238.01sza.

Taheri, B., & Gannon, M. (2021). Contemporary issues and future trends in food tourism. International Journal of Tourism Research, 23, 147–149. https://doi.org/10.1002/JTR.2446

Tan, S. (2020). Exploration and Application of Cooperative Learning in Business Japanese Conversation Course. 416(Iccese), 729–733. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200316.159.

Wijayanti, A. A. R., & Poetranto, I. W. D. (2022). Analisis Kebutuhan Bahasa Jepang Bagi Mahasiswa Program Studi Perhotelan Universitas Triatma Mulya Program Internship di Jepang. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 8(3), 257–265.

Yusri, L. D., Idrus, & Indah Lestari, I. (2019). Japanese Gestures and Languages Used in Japan Restaurant Services in West Sumatera. Proceeding of The 13th International Conference OnMalaysia-Indonesia Relations (PAHMI), 131–137. https://doi.org/10.2478/9783110680003-025.

Published

2025-05-24

How to Cite

Wijayanti, A. A. R., & Septipani, P. C. . (2025). ANALISIS KEBUTUHAN BAHASA JEPANG PERHOTELAN BIDANG TATA HIDANGAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PERHOTELAN. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 13(2), 246-258. https://doi.org/10.59672/stilistika.v13i2.4561