APLIKASI METODE STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN PENGALAMAN WISATA BUDAYA DI GOA GAJAH
DOI:
https://doi.org/10.59672/stilistika.v13i2.4544Keywords:
Storytelling, Cultural Tourism, Tour Guides, English Communication, Goa GajahAbstract
Goa Gajah merupakan salah satu situs bersejarah dan budaya di Bali yang menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Dalam menyampaikan informasi budaya kepada wisatawan asing, kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris sangat diperlukan, terutama melalui teknik Storytelling. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pemandu wisata di Goa Gajah memanfaatkan Storytelling dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan pengalaman wisata budaya. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode observasi, wawancara mendalam dengan pemandu wisata, serta pengumpulan umpan balik dari wisatawan asing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Storytelling mampu membuat pengalaman wisata menjadi lebih menarik dan membantu wisatawan lebih memahami nilai sejarah serta budaya yang ada. Namun, terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh pemandu wisata, seperti keterbatasan kosakata, kesulitan dalam pengucapan, serta kurangnya pelatihan yang sistematis dalam teknik Storytelling. Oleh karena itu, diperlukan program pelatihan yang lebih terstruktur agar pemandu wisata dapat mengembangkan keterampilan bercerita dengan lebih baik, sehingga pengalaman wisata di Goa Gajah semakin berkualitas.
Downloads
References
Bali Politika. (2024, December 12). Naik 70 Persen, Wisman ke Goa Gajah Tembus 1.000 Per Hari. Bali Politika.
Burdelski, M., & Fukuda, C. (2019). Multimodal membership categorization and storytelling in a guided tour. Pragmatics and Society, 10(3), 337–358. https://doi.org/10.1075/ps.18013.bur.
Carrozzino, M., Colombo, M., Tecchia, F., Evangelista, C., & Bergamasco, M. (2018). Comparing Different Storytelling Approaches for Virtual Guides in Digital Immersive Museums. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 10851 LNCS, 292–302. https://doi.org/10.1007/978-3-319-95282-6_22
Choi, S. S. (2016). A study on effect of tourism storytelling of tourism destination brand value and tourist behavioral intentions. Indian Journal of Science and Technology, 9(46), 1-6.
Cresswell. (2016). Qualitative inquiry & research design. design _ Choosing among five approaches. (1) (Vol. 1), 338 - 400.
Domínguez-Quintero, A. M., González-Rodríguez, M. R., & Paddison, B. (2020). The mediating role of experience quality on authenticity and satisfaction in the context of cultural-heritage tourism. Current Issues in Tourism, 23(2), 248–260. https://doi.org/10.1080/13683500.2018.1502261.
Eslami, S., Khalifah, Z., Mardani, A., Streimikiene, D., & Han, H. (2019). Community attachment, tourism impacts, quality of life and residents’ support for sustainable tourism development. Journal of Travel and Tourism Marketing, 36(9), 1061–1079. https://doi.org/10.1080/10548408.2019.1689224.
Galih Kusumah, A. H., & Andrianto, T. (2023). Narrative Crafting in Tourism Destinations: An Autoethnographic Exploration of Storytelling Techniques for Tour Guides. Journal of Tourism Sustainability, 3(1), 19–27. https://doi.org/10.35313/jtospolban.v3i1.72.
Hua, C., & Cole, S. (2023). Influence of Psychological Factors on Participation and Life Satisfaction in the Context of Travel and Tourism after Spinal Cord Injury. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(1). https://doi.org/10.3390/ijerph20010516.
Iman Pribadi, T., Suganda, D., & Saefullah, K. (2021a). Pariwisata Berbasis Masyarakat Dan Dampaknya Terhadap Sosial, Ekonomi, Dan Lingkungan: Tinjauan Pustaka Jurnal Sosial Dan Sains, 1(2), 1–8.
Iman Pribadi, T., Suganda, D., & Saefullah, K. (2021b). Pariwisata Berbasis Masyarakat Dan Dampaknya Terhadap Sosial, Ekonomi, Dan Lingkungan: Tinjauan Pustaka Jurnal Sosial Dan Sains, 1(2), 1–8.
Indriani, M. N., Widyatmika, M. A., Mahapatni, I. A. P. S., & Wardani, A. A. A. C. (2020). The existence of traditional Balinese architecture on Puri and Umah. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012028.
Khairina, E., Purnomo, E. P., & Malawnai, A. D. (2020). Sustainable Development Goals: Kebijakan Berwawasan Lingkungan Guna Menjaga Ketahanan Lingkungan Di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 155. https://doi.org/10.22146/jkn.52969.
Lv, X., Li, C. (Spring), & McCabe, S. (2020). Expanding theory of tourists’ destination loyalty: The role of sensory impressions. Tourism Management, 77. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2019.104026.
Mayuzumi, Y. (2022). Is meeting the needs of tourists through ethnic tourism sustainable? Focus on Bali, Indonesia. Asia-Pacific Journal of Regional Science, 6(1), 423–451. https://doi.org/10.1007/s41685-021-00198-4.
Moreira, A. C., Costa, R. A. da, & de Sousa, M. J. N. (2024). Is a Good Story Enough? A Critical Analysis of Storyteller Roles in Tourism. Journal of Hospitality and Tourism Research. https://doi.org/10.1177/10963480241251450.
Mossberg, L., Therkelsen, A., Huijbens, E. H., Björk, P., & Olsson, A. K. (2010). Storytelling and Destination Development. Nordic Innovation Centre (NICe) Project Number: 08041 Authors:, December, 1–65.
Nilsson, J. H., & Zillinger, M. (2020). Free guided tours: storytelling as a means of glocalizing urban places. Scandinavian Journal of Hospitality and Tourism, 20(3), 286–301. https://doi.org/10.1080/15022250.2020.1772866.
Puspita, D., Mandasari, B., & Sari, K. (2021). Peningkatan Pengetahuan Penyusunan Soal Berbasis HOTS Pada Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Kota Gajah. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).
Ramkissoon, H. (2023). Perceived social impacts of tourism and quality-of-life: a new conceptual model. Journal of Sustainable Tourism, 31(2), 442–459. https://doi.org/10.1080/09669582.2020.1858091.
Suhartanto, D., Brien, A., Primiana, I., Wibisono, N., & Triyuni, N. N. (2020). Tourist loyalty in creative tourism: the role of experience quality, value, satisfaction, and motivation. Current Issues in Tourism, 23(7), 867–879. https://doi.org/10.1080/13683500.2019.1568400.
Wahyuningtyas, D., Hamidah, N., Sumarno, W. K., Yurenaudia, A., Maharani, D. S. D., & Trirahardjo, M. R. (2024). Developing storytelling for tour guide to build global branding in Desa Wisata Jajar Gumregah. Journal of Community Service and Empowerment, 5(2), 442–447. https://doi.org/10.22219/jcse.v5i2.28647.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.