ETNOPEDAGOGI DALAM CERITA NI DIAH TANTRI: STRATEGI KREATIF MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ni Luh Sritaman Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Arnyana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v13i2.4435

Keywords:

Etnopedagogi, literasi, Ni Diah Tantri

Abstract

Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah literasi membaca di Indonesia adalah dengan menggunakan sastra lokal. Masyarakat Bali memiliki banyak karya sastra lokal, salah satunya adalah cerita Ni Diah Tantri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pemanfaatan cerita rakyat Ni Diah Tantri sebagai strategi kreatif yang menggunakan kearifan lokal atau kajian Etnopedagogi untuk meningkatkan literasi membaca siswa sekolah dasar. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan Etnopedagogi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita Ni Diah Tantri adalah karya sastra klasik masyarakat Bali yang masih dibaca oleh siswa sekolah dasar hingga saat ini. Empat strategi yang disarankan untuk meningkatkan literasi baca adalah membiasakan diri membaca, mengadakan ruang pojok baca, mengadakan kompetisi mesatua, dan melakukan partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisara, F., Nursaptini, N., &Widodo, A. (2020). Melestarikan Kembali Budaya Lokal melalui Ekstrakurikuler untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Cakrawala: Journal of Social Research, 9 (2), 149-166.

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rinneka Cipta.

Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha nasional

Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi dengan Program 6K di Sekolah Dasar. JPSD, 3 (1), 42-52.

Bungin, Burhan. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia.

Chongsrid, R., Awnpoon, S., & Sukkasame, N. How to Incorporate Local Wisdom and Powerful Ideas into Creation of Innovative STEM Projects for Sustainable Agricultural Development. International Conference: New Perspektif of Education.https://conference.pixel-online.net/files/npse/ed0010/FP/7029-STEM4960-FP-NPSE10.pdf.

Chen, Richard Rong-bin. (2023). Ethnography, Born-Translated Literature, and Translation: The Case of Syaman Rapongan. Kritika Kultura, 41, 56-83.

Crone, Martha M. (2021). New Approaches and Strategies for Teaching African Children Initial Reading. Literator-Journal of Literary Criticism, Comparative Linguistics and Literary Studies 42 (1), 1-9.

Donuata, P. B. (2019). Pengaruh Quantum Teaching Metode PQ4R Berdasarkan Keragaman Kecerdasan Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(1), 23–27. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v6i1.11094.

Dwipayana, I. K. A., & Astawan, N. (2021). Pengajaran sastra berdasarkan pendekatan etnopedagogis sebagai alternatif penguatan literasi budaya. Seminar Bahasa, Sastra Dsn Pengajarannya (PEDALITRA I), Pedalitra I, 284–291.

Dwipayana, I. K. A., & Adnyana, I. M., & Antari, N. L. P. S. (2022). Etnopedagogis dalam pengajaran sastra sebagai alternatif penguatan wawasan kebhinekaan global. Seminar Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya (Pedalitra II), 1, 105–110.

Dwipayana, I. K. A. (2023). Humanisasi Melalui Pembelajaran Sastra Lisan dalam Perspektif Tri Hita Karana: Kajian Etnopedagogik. Pedalitra III: Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 229–237.

Dwipayana, I. K. A., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2024). Paradoks Penokohan dalam Sastra Lisan Indigenous Bali Sebagai Media Keterampilan Bernalar Kritis: Kajian Etnopedagogis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 14, 571–583. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i4.88084.

Edriati, S., Hamdunah, H., & Astuti, R. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMK Melalui Model Quantum Teaching Melibatkan Multiple Intelligence. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 35(3). https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.8253.

Figlerowicz, Matylda, and Lucas, Mertehikian. (2023). An Ever-Expanding World Literary Genre: Defining Magic Realism on Wikipedia. Journal of Cultural Analytics, 8 (2), 1-27.

Firmansyah. (2021). Pembelajaran Berbasis Etnopedagogi. Boyolali: Penerbit Lakeisha.

Gradits, Peter & Krek, Janez. (2023). High School Students’ Attentional Stance, Modes of Reading Engagement, and Self-Insight During Literary Reading. L1 Educational Studies in Language and Literature. 23, 1-28.

Jawa Pos. 22 April 2008. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3.

Juliantini, NPE & Sudarsana, IW. (2018). Analisis Karakter pada Tokoh Utama dalam Satua Ni Diah Tantri serta Implikasinya terhadap Perempuan Hindu Masa Kini. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 1 (3), 249-259.

Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Idustri. Transpor, XX(4): 54-5 (4): 57-61 https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.395.

Kumaidi. 2005. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 5, No. 4, https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.617.

Kuntoro, T. 2006. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Semarang: Suatu Studi Berdasarkan Dunia Usaha. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: PPS UNNES. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161.

Leo, J. (2017). Interpretation: New Focus within Literary Research. Rupkatha Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, IX (3), 27-35.

Moody, H.L.B. (1971). The Teaching of Literature. London: Longman.

Oktavianti, Ika & Ratnasari, Yuli. (2018). Etnopedagogi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Refleksi Edukatika, 8 (2), 149-154.

Reli, Rasna, IW & Binawati B.S. (2018). “Lokal Wisdom Values in Balinese Folktales that are Relevant to Character Education for the First Grade at Primary School”. Journal of Language Teaching and Research, 9 (1), 155- 163.

Ripungkasingtyas, S. Y. (2016). Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar melalui Karya Sastra Cerita Rakyat sebagai Salah Satu Bentuk Pengenalan Budaya Nusantara. Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra III Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret, 518-521.

Pitunov, B. 13 Desember 2007. Sekolah Unggulan Ataukah Sekolah Pengunggulan ? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.701.

Priantini, DAMMO & Dewi, IANY. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Mesatua Bali untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 1-8.

Putra. M. S. (2008). Minat Membaca Sejak Dini. Jakarta: PT Indeks.

Putrawangsa, Susilahudin dan Hasanah, Uswatun. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi. Edupedika: Jurnal Studi Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (1), 1-12. file:///C:/Users/hpind/Downloads/1-ArticleText-20-2-10-20220330.pdf.

Puspa, Ida Ayu Tary. (2019). Peranan Seni Sastra dalam Pengembangan Karakter: Kajian Cerita Ni Diah Tantri. Prosiding Konferensi Nasional: Sastra, Bahasa dan Budaya, 170-175.

Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan artikel dan Pengelolaan jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, 9-11Agustus. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.60-67.

Sánchez, C S., González, SM. & Cárcamo, J S. (2022). Producción de materiales educativos para la enseñanza del mapuzugun: aproximación desde la experiencia y perspectivas de las y los educadores. Bellaterra Journal of Teaching & Learning Language & Literature, 15 (1), 1-19.

Suanda, I Wayan dan Rusmayanthi, Kadek Intan. (2023). Pendekatan Etnopedagogi sebagai Media Pelestarian Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Biologi. Sembio: Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pendidikan Biologi, Volume 2, 49-54.

Suarka, I Nyoman & Bawa, I Gede. (2018). Cerita Klasik Tantri Kamandaka sebagai Sumber Ekonomi Kreatif. Jurnal Kajian Bali, 8 (1), 181-200.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundby, A. H., & Rødnes, K. A. (2023). Knowledge of what? Teachers’ perspectives of an L1 language and literature subject curriculum document. L1-Educational Studies in Language and Literature, 23, 1-26.

Yasa, I Nyoman. (2012). Teori Sastra dan Penerapannya. Bandung: Karya Putra Darwati.

Yuwanti, Kade. (2012). Mesatua, Budaya Bali yang Perlu Dilestarikan. Gemawisata, 18 (3), 192-199.

Yoniartini, DM & Zaenab, S. (2023). Tantri Kamandaka as a Mean of Stimulating Children’s Emotional Intelligence during the Covid-19 Pandemic. The 4th Annual Conference on Education and Social Sciences (ACcESS 2022). 173, 1-10.

Utami, I. L. P., & Mahardika, I. G. N. A. (2023). English Teaching Through Literature-Based Instruction: What do Teachers Experience?. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 177–186. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.64368.

https://www.kompasiana.com/fopinurfadilah0487/653e3ea1ee794a1812268e32/tahun-2023-minat-baca-di-indonesia-semakin-rendah.

https://www.youngontop.com/manfaat-membaca-di-pagihari/#:~:text=Merangsang%20Otak%3A%20Membaca%20di%20pagi,dengan%20lebih%20tenang%20dan%20terfokus

Published

2025-05-24

How to Cite

Sritaman, N. L. ., Suastra, I. W. ., & putu.arnyana@undiksha.ac.id. (2025). ETNOPEDAGOGI DALAM CERITA NI DIAH TANTRI: STRATEGI KREATIF MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 13(2), 159-168. https://doi.org/10.59672/stilistika.v13i2.4435