PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE SEBAGAI REFERENSI DALAM MEMBUAT KARYA SASTRA CERITA PENDEK
DOI:
https://doi.org/10.59672/stilistika.v13i1.4222Keywords:
Artificial Intelligence, Sastra, Cerita PendekAbstract
Peran Artificial Intelligence (AI) sebagai referensi dalam penulisan cerita pendek di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Singaperbangsa Karawang. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk menganalisis peran dan efektivitas penggunaan Artificial Intelligence sebagai sumber referensi dalam proses penulisan cerita pendek di kalangan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang dengan fokus pada pandangan, pemanfaatan, tantangan serta kekhawatiran terhadap keaslian karya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan penyebaran kuesioner untuk memperoleh data dari 30 mahasiswa. Hasil penelitian melalui analisis kuesioner menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa menganggap AI sebagai alat bantu yang berguna dalam penulisan kreatif, khususnya dalam menghasilkan inspirasi ide, dan mempercepat proses penulisan. Penggunaan AI dalam penulisan kreatif menunjukkan bahwa 76,7% mahasiswa merasa terbantu oleh AI dalam proses kreatif mereka. Namun, beberapa mahasiswa tetap skeptis terhadap AI, khawatir akan kehilangan keunikan dan orisinalitas dalam karya mereka, 23,3% mahasiswa memilih untuk tidak menggunakan AI dengan alasan menjaga keaslian dan etika karya mereka. Penelitian mengidentifikasi berbagai jenis AI yang digunakan, dengan ChatGPT menjadi pilihan utama responden. Hasil ini memberikan wawasan tentang bagaimana AI dapat dimanfaatkan secara optimal dalam pendidikan sastra, serta pentingnya keterampilan kritis dalam penggunaannya.
Downloads
References
Afrita, J. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Sistem Pendidikan. 2(12), 3181–3187.
Asrulla, Risnita, Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332.
Fadilla, A. N., Ramadhani, P. M., & Handriyotopo, H. (2023). Problematika Penggunaan AI (Artificial Intellegence) di Bidang Ilustrasi : AI VS Artist. CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication, 4(1), 129–136.
Hanila, S., & Alghaffaru, M. A. (2023). Pelatihan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Perkembangan Teknologi Pada Pembelajaran Siswa Sma 10 Sukarami Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Mengabdi, 2(2), 221–226.
Lukman, L., Riska Agustina, & Rihadatul Aisy. (2024). Problematika Penggunaan Artificial Intelligence (AI) untuk Pembelajaran di Kalangan Mahasiswa STIT Pemalang. Madaniyah, 13(2), 242–255.
Luthfiah, N., Salminawati, S., & Dahlan, Z. (2024). Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Artificial Intelligence Quillbot dalam Mengatasi Plagiarisme dan Kesadaran Etika Akademik Mahasiswa. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 259–266.
Madani, M. ., & Ardianti, R. (2020). Teknik Parafrase dalam Ketrampilan Menulis Untuk Menghindari Plagiarisme. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 343–344.
Merentek, T. C., Usoh, E. J., & Lengkong, J. S. J. (2023). Implementasi Kecerdasan Buatan ChatGPT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26862–26869.
Muarif, J. A., Jihad, F. A., Alfadli, M. I., & Setiabudi, D. I. (2023). Hubungan Perkembangan Teknologi Ai Terhadap Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 53–60.
Mumtaz, T. Z., Isna, F. N., & Abadi, M. (2023). Peran Artificial Intelligence terhadap Optimalisasi Pembelajaran Mahasiswa Universitas Brawijaya. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 2(2), 254–261.
Munawar, Z., Soerjono, H., Putri, N. I., Hemawati, & Dwijayanti, A. (2023). Jurnal Manfaat Kecerdasan Buatan ChatGPT Untuk Membantu Penulisan Ilmiah The Benefits of ChatGPT Artificial Intelligence To Help Scientific Writing. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi, 10(1), 54–60.
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58.
Sobron, M., & Lubis. (2021). Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu. Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU, 4(1), 1–7.
Sofiyana, M. S., Sukhoiri, Aswan, N., Munthe, B., W, L. A., Jannah, R., Juhara, S., SK, T., Laga, E. A., Sinaga, J. A. B., Suparman, Achmad Rante Suaidah, I., Fitrisari, N., & Herman. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif. In Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif.
Sudaryanto, A. P., & Hanny, S. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik Menghadapi Kemajuan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). Musamus Journal of Public Administration, 6(1), 513–521.
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166.
Thiraviyam, T. (2018). Artificial Intelligence Marketing. In International Journal of Recent Research Aspects (Vol. 19, Issue 4).
Utari, P., Annisari, H., Nur, I., & Maya, V. (2024). Mitigasi Pelanggaran Etik : Lokakarya Penguatan Kaidah Ilmiah Era Artificial Intelligence di Kalangan Mahasiswa. 7, 158–168.
Yahya, R. N., Azizah, S. N., & Herlambang, Y. T. (2024). Pemanfaatan ChatGPT di Kalangan Mahasiswa: Sebuah Tinjauan Etika Teknologi dalam Perspektif Filsafat. UPGRADE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 53–59.
Yusuf, A. M., 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: KENCANA.
Zahra, S. N., & Utomo, P. E. P. (2023). Visualisasi Data Penjualan Barang Retail di Seluruh Dunia Menggunakan Tableau. Jurnal Nasional Ilmu Komputer, 4(3), 12–21.
Zahra Salsabilla, K. A., Tasya Diva Fortuna Hadi, Widya Pratiwi, & Siti Mukaromah. (2023). Pengaruh Penggunaan Kecerdasan Buatan Terhadap Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 168–175.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.