BOOK CREATOR SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA KEDUA
DOI:
https://doi.org/10.59672/stilistika.v13i1.3919Keywords:
book creator, media, pembelajaran, bahasa keduaAbstract
Tulisan ini membahas mengenai book creator sebagai salah satu media dalam pembelajaran bahasa kedua. Mengingat pemerolehan bahasa pada anak banyak ditentukan oleh interaksi yang terjalin antara anak dengan orang-orang yang ada disekitarnya, maka dari itu pembelajaran mengenai bahasa kedua sangatlah penting. Bahasa kedua adalah bahasa yang diperoleh seseorang setelah dia memperoleh bahasa pertama (bahasa ibu). Pemerolehan bahasa kedua adalah proses ketika seseorang memperoleh sebuah bahasa lain setelah terlebih dahulu ia menguasai sampai batas tertentu bahasa pertamanya. Ada beberapa faktor yang memengaruhi pemerolehan bahasa kedua, salah satunya sangat dipengaruhi oleh lingkungan termasuk lingkungan belajarnya. Dalam hal ini, peran guru dalam pembelajaran bahasa kedua sangat besar. Terlebih lagi dalam memilih media pembelajaran yang tepat. Guru harus berupaya untuk menggunakan media pembelajaran yang relevan, tetapi menarik bagi siswa sehingga minat dan kreativitas siswa semakin terasah. Salah satu media pembelajaran bahasa yang inovatif adalah book creator. Book creator merupakan alat digital yang memungkinkan siswa melihat dan mendengar cerita bergambar. Dengan book creator gambar berceritai yang ditayangkan di layar depan kelas, siswa akan lebih banyak mendengar dan melihat kosa kata yang baru. selain itu siswa akan mendengar cara pengucapan yang benar dari kosa kata tersebut. Jadi book creator bergambar ini dinilai sangat cocok digunakan dalam pembelajaran bahasa kedua. Selain menambah kosa kata dan belajar langsung cara pelafalannya, minat siswa dalam belajar jadi meningkat dikarenakan suasana kelas menjadi menyenangkan dengan ditampilkannya media book creator bergambar ini.
Downloads
References
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Chaer, A. (2009). Bahasa Indonesia dalam Masyarakat Telaah Semantik. Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Jayanti, Luh Tri. 2020. Manfaat Media Pembelajaran dalam Pemerolehan Bahasa Kedua Anak Usia Dini. Jurnal. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 5, No. 1, April 2020 eISSN: 25284037 eISSN: 26158396 https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/issue/archive
Kusumawati, Ai. 2022. Penggunaan Media E-Book Creator Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif Peserta Didik Kelas IX F SMP Negeri 1 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung Semester Genap Tahun Pelajaran 2021-2022. Jurnal. Continuous Education : Journal of Science and Research Volume 3, Issue 3, November 2022 http://pusdikra-publishing.com/index.php/josr/home-free.
Munawwarah, dkk. 2023. Book Creator Sebagai Aplikasi dalam Menyusun Media Pembelajaran Interaktif bagi Calon Guru Profesional. Jurnal. INOVASI : Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No.1, 2023.
Nahrowi, Mahfud. 2019. Pembelajaran Bahasa Kedua yang Menyenangkan Menggunakan Metode Bermain Peran pada Siswa. Jurnal. DIRASAH Volume 2, Number 2, Agustus 2019 p-ISSN: 2615-0212 | e-ISSN: 2621-2838 https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah
Prasasti, Trini dan Irawan, Prasetya. 2005. Media Sederhana. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Rosiyana. 2020. Pengajaran Bahasa dan Pemerolehan Bahasa Kedua dalam Pembelajaran Bipa (Bahasa Indonesia Penutur Asing). Jurnal. JURNAL ILMIAH KORPUS Vol. 4 No. 3, 2020 ISSN (online): 2614-6614. Available online at https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/index doi: https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13839
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Rahma, A. R., Maria, S., Supriatna, S., & Wahyuningtyas, T. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital pada Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN 6 Nagrikaler. Jurnal Sinektik, 6(1), 10-17.
Sadiman, Arief S. dkk . 2005. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT.Raja Grafindo Persada.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.