BOOK CREATOR SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA KEDUA

Authors

  • I Komang Dodik Muliarta Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v13i1.3919

Keywords:

book creator, media, pembelajaran, bahasa kedua

Abstract

Tulisan ini membahas mengenai book creator sebagai salah satu media dalam pembelajaran bahasa kedua. Mengingat pemerolehan bahasa pada anak banyak ditentukan oleh interaksi yang terjalin antara anak dengan orang-orang yang ada disekitarnya, maka dari itu pembelajaran mengenai bahasa kedua sangatlah penting. Bahasa kedua adalah bahasa yang diperoleh seseorang setelah dia memperoleh bahasa pertama (bahasa ibu). Pemerolehan bahasa kedua adalah proses ketika seseorang memperoleh sebuah bahasa lain setelah terlebih dahulu ia menguasai sampai batas tertentu bahasa pertamanya. Ada beberapa faktor yang memengaruhi pemerolehan bahasa kedua, salah satunya sangat dipengaruhi oleh lingkungan termasuk lingkungan belajarnya. Dalam hal ini, peran guru dalam pembelajaran bahasa kedua sangat besar. Terlebih lagi dalam memilih media pembelajaran yang tepat. Guru harus berupaya untuk menggunakan media pembelajaran yang relevan, tetapi menarik bagi siswa sehingga minat dan kreativitas siswa semakin terasah. Salah satu media pembelajaran bahasa yang inovatif adalah book creator. Book creator merupakan alat digital yang memungkinkan siswa melihat dan mendengar cerita bergambar. Dengan book creator gambar berceritai yang ditayangkan di layar depan kelas, siswa akan lebih banyak mendengar dan melihat kosa kata yang baru. selain itu siswa akan mendengar cara pengucapan yang benar dari kosa kata tersebut. Jadi book creator bergambar ini dinilai sangat cocok digunakan dalam pembelajaran bahasa kedua. Selain menambah kosa kata dan belajar langsung cara pelafalannya, minat siswa dalam belajar jadi meningkat dikarenakan suasana kelas menjadi menyenangkan dengan ditampilkannya media book creator bergambar ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Chaer, A. (2009). Bahasa Indonesia dalam Masyarakat Telaah Semantik. Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Jayanti, Luh Tri. 2020. Manfaat Media Pembelajaran dalam Pemerolehan Bahasa Kedua Anak Usia Dini. Jurnal. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 5, No. 1, April 2020 eISSN: 25284037 eISSN: 26158396 https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/issue/archive

Kusumawati, Ai. 2022. Penggunaan Media E-Book Creator Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif Peserta Didik Kelas IX F SMP Negeri 1 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung Semester Genap Tahun Pelajaran 2021-2022. Jurnal. Continuous Education : Journal of Science and Research Volume 3, Issue 3, November 2022 http://pusdikra-publishing.com/index.php/josr/home-free.

Munawwarah, dkk. 2023. Book Creator Sebagai Aplikasi dalam Menyusun Media Pembelajaran Interaktif bagi Calon Guru Profesional. Jurnal. INOVASI : Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No.1, 2023.

Nahrowi, Mahfud. 2019. Pembelajaran Bahasa Kedua yang Menyenangkan Menggunakan Metode Bermain Peran pada Siswa. Jurnal. DIRASAH Volume 2, Number 2, Agustus 2019 p-ISSN: 2615-0212 | e-ISSN: 2621-2838 https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah

Prasasti, Trini dan Irawan, Prasetya. 2005. Media Sederhana. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Rosiyana. 2020. Pengajaran Bahasa dan Pemerolehan Bahasa Kedua dalam Pembelajaran Bipa (Bahasa Indonesia Penutur Asing). Jurnal. JURNAL ILMIAH KORPUS Vol. 4 No. 3, 2020 ISSN (online): 2614-6614. Available online at https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/index doi: https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13839

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Rahma, A. R., Maria, S., Supriatna, S., & Wahyuningtyas, T. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital pada Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN 6 Nagrikaler. Jurnal Sinektik, 6(1), 10-17.

Sadiman, Arief S. dkk . 2005. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT.Raja Grafindo Persada.

Published

2024-11-22

How to Cite

Muliarta, I. K. D. (2024). BOOK CREATOR SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA KEDUA. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 13(1), 54-62. https://doi.org/10.59672/stilistika.v13i1.3919