PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JEPANG MAHASISWA PROGRAM STUDI DIV PENGELOLAAN PERHOTELAN DI UNIVERSITAS TRIATMA MULYA

Authors

  • Anak Agung Ratih Wijayanti Universitas Triatma Mulya
  • Putu Cicilia Septipani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v12i2.3636

Keywords:

pembelajaran berbasis proyek, bahasa Jepang, perhotelan

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang pada mahasiswa program studi DIV Pengelolaan Perhotelan Universitas Triatma Mulya dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menerapkan model pembelajaran berbasis proyek untuk mencapai tujuan penelitian. Subjek penelitian ini sejumlah 18 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan langkah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk mengukur kemampuan berbicara dilakukan dengan tes lisan yang dilakukan pada awal sebelum penelitian (pretes) dan setelah diterapkannya pembelajaran berbasis proyek. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan berbicara bahasa Jepang dengan nilai rata-rata awal pretes 69,4 menjadi 83. Model pembelajaran berbasis proyek lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang  karena mahasiswa memperoleh pengalaman langsung untuk membuat proyek (brosur bahasa Jepang) dan menggunakannya sebagai promosi dalam bahasa Jepang. Mahasiswa telah menyampaikan brosur bahasa Jepang tersebut secara lisan dan menciptakan kreativitas mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, et al. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Junipisa, Ni Made Ernila. 2020. The Effect of Scientific Approach on Speaking Competency and It’s Relationship to Achievement Motivation of Tenth Year Students of SMK Pariwisata Triatma Jaya Badung. Litera : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol.6 No. 1 Januari 2020.

Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. 2021. Development of an E-learning Module to Facilitate Student Learning and Outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007.

Mulyadi, E. 2016. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7836.

Mutakinati, L., Anwari, I., & Yoshisuke, K. 2018. Analysis of students’ critical thinking skill of middle school through stem education project-based learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495.

Nirmayani, L.Heny dan Dewi, Ni Putu Candra Prastya. 2021. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol. 4 No. 3 Tahun 2021.

Syafriani, Ida dan Qamariah, Sofiyah. 2023. Strategi Pemulihan Pariwisata Pasca Pandemi Covid 19 di Kabupaten Sumenep. Jurnal Aplikasi Administrasi Vol. 26 No. 1 Mei 2023.

Tombalisa, Nur Fadilah, dkk. 2022. Kerjasama Jepang dan Indonesia di Bidang Ketenagakerjaan dalam Program Tokutei Ginou Tahun 2019. Interdependence Journal of International Studies Vol. 3 No. 2 Tahun 2022.

Wahidati, Lufi dan Djafri, Farmawati. 2021. Kendala Berkomunikasi yang Dihadapi oleh Tenaga Profesional Penutur Bahasa Jepang di Perusahaan Jepang. Journal of Japanese Language Education and Linguistics Vol. 5 No. 1 Tahun 2021 12-30.

Wijayanti, AAR dan Poetranto, IWD. 2022. Analisis Kebutuhan Bahasa Jepang bagi Mahasiswa Program Studi Perhotelan Universitas Triatma Mulya Program Internship di Jepang. JPBJ Vol.8 No. 3 November 2022.

Published

2024-05-31

How to Cite

Wijayanti, A. A. R., & Septipani, P. C. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JEPANG MAHASISWA PROGRAM STUDI DIV PENGELOLAAN PERHOTELAN DI UNIVERSITAS TRIATMA MULYA. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 12(2), 161-174. https://doi.org/10.59672/stilistika.v12i2.3636