IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA MAHASISWA SEMESTER III, PROGRAM STUDI PGSD, FKIP, UNIVERSITAS DWIJENDRA

Authors

  • I Ketut Suar Adnyana Universitas Dwijendra

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v12i1.3463

Keywords:

Picture and Picture, Teks Deskripsi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah metode picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi mahasiswa semester III Program Studi PGSD. Tahapan penelitian: 1) Metode yang digunakan dalam pengumpulan adalah metode wawancara dan melaksanakan pembelajaran. 2) Data yang telah terkumpul selanjutnya diperiksa untuk menentukan data yang relevan .3) Data disajikan dalam bentuk tabel kemudian data dideskripsikan. Berdasar pada hasil kajian pada siklus I persentase ketuntasan mahasiswa dalam membuat paragraf spasial 55 %, paragraf deskripsi objektif adalah 53%, paragraf deskripsi subjektif adalah 53%. Pada siklus II persentase ketuntasan mahasiswa dalam membuat teks deskripsi spasial adalah 72 %, teks deskripsi objektif 70%, dan teks deskripsi subjektif adalah 69%. Pada pelaksanaan siklus III persentase ketuntasan dalam membuat teks deskripsi  adalah 82% , teks deskripsi objektif 79%, dan Teks deskrispi subjektif adalah 80 %. Dengan hasil tersebut keterampilan mahasiswa dalam membuat teks deskripsi mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAMMO Priantini, NK Suarni, and IKS Adnyana, Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas dalam Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu,Volume 8, Nomor 2, 2022, hlm. 243–250, [Online]. Tersedia: http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM

DePorter, B. & Hernacki, M. 2000. Quantum Learning. Edisi Revisi. Bandung: Kaifa Rosalin, Marie.2010.Find the Perfect College Schools that Fit Your Learning Style Retrieved

from http://dlx.b-ok.org/genesis/385000/42d1f74eae7ab69ef

Farida, N., Hasanudin, H., & Suryadinata, N. (2019). Problem Based Learning (PBL) –Qr-Code dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika ,8(1), 225–236. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1894

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338.

Fitrianita, D., & Ramadhan, S. (2018). Korelasi Keterampilan Memahami Teks Deskripsi Dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Mahasiswa Kelas VII Smp Negeri 15 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 55–61. https://doi.org/10.31227/osf.io/e2gda.

Idris, Yossy., Thahar, Harris Effendi., Juita, Novia. 2014. Peningkatan Keterampilan MenulisKkarangan Deskripsi melalui Metode Discovery dengan Menggunakan Media Gambar Mahamahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun Akademik 2011/2012 Universitas Ekasakti Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 3, Oktober 2014.

Isodorus, Praptomo Baryadi. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. (http://ejournal.usd.ac.id diunduh tanggal 1 Februari 2019).

Lailiyah, Evi. 2016. Pendekatan Differentiated Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901). Vol. 1, no.2. Hal. 52 – 61. Hal. 52 – 61.

Lusita, J., & Emidar, E. (2019). Struktur Dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Mahasiswa Kelas VII SMP Negeri 30 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 113. https://doi.org/10.24036/103924-019883.

Malmia, W., Makatita, S. H., Lisaholit, S., Azwan, A., Magfirah, I., Tinggapi, H., & Umanailo, M. C. B. (2019). Problem-Based Learning as An Effort to ImproveStudent Learning Outcomes. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1140–1143. https://doi.org/10.5281/zenodo.3457426.

Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif

Masykurni, M., Gani, A., & Khaldun, I. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Komputer untuk Meningkatkan SikapIlmiahdan Hasil Belajar pada Konsep Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Padang Tiji. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1), 94–106. https://doi.org/10.24815/jpsi.v4i1.6587

Mendez, E., Wohlin, C., Felizardo, K., Kalinowski, M. (2020). Guidelines for The Search Strategy to Update Systematic Literature Reviews in Software Engineering.7-24. DOI: https://doi.org/10.1016/j.infsof.2020.106366

Muis, S. F. (2013). Kemampuan Membaca Pemahaman Literal dan Interpretatif melalui Pendekatan Konstruktivisme. Al-MUNZIR, 6(2).

Muktadir, Abdul. (2021). Efektivitas Keterampilan Menulis Deskripsi Mahamahasiswa PGSD Melalui Pendekatan Pedagogi Genre. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 5 Nomor 3. halaman 6047-6054

Ningsih, P. R., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Mahasiswa Kelas III. Jurnal Pendidikan,3(12), 1587–1593. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11799.

Ngalimun. (2013). Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Paujiyanti, F. (2014). Kupas Tuntas secara Jelas sampai Akar- Akarnya Bahasa Indonesia SMA Kelas 1, 2, dan 3. Jakarta: Pustaka Nusantara Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Permatasari, B. D., Gunarhadi, & Riyadi. (2019). The Influence of Problem Based Learning towards Social Science Learning Outcomes Viewed from Learning Interest. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(1), 39–46. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.15594.

Rais, A. A., &Suswanto, H. (2017). Perbandingan Implementasi Model Problem Based Learning dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(8), 1043–1049. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9787.

Ramli dan Syarifuddin. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Mahamahasiswa melalui Diret Object Writing Method with Realia (DOWMR). JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Volume 5, Nomor 11, November 2022 (4687-4691).

Simanjuntak & Listiani. (2020). Penerapan Differentiated Instruction dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 10 No. 2. Hal. 134 – 141.

Tomlinson, A.N. (2001). Howtodif erentiateinstruction in mixed-ability classrooms.Virginia USA: ASCD.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Alfilail, S. N. (2021). Pembelajaran Berbasis Online “Zoom” Pada Kesiapan Belajar Mahamahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 7(1), 215. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9329

https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pembelajaran-berdiferensiasi-dan-penerapannya-di-kelas

https://kurikulummerdeka.com/capaian-pembelajaran-bahasa-indonesia-pada-kurikulum-merdeka/

Published

2023-11-30

How to Cite

Adnyana, I. K. S. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA MAHASISWA SEMESTER III, PROGRAM STUDI PGSD, FKIP, UNIVERSITAS DWIJENDRA. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 12(1), 109-125. https://doi.org/10.59672/stilistika.v12i1.3463