PENERAPAN APLIKASI OLAH KATA PERSUASI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL KEMASYARAKATAN

Authors

  • Ida Ayu Made Darmayanti Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gde Artawan Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Artika Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v12i2.3423

Keywords:

aplikasi, olah kata, persuasi

Abstract

Penelitian ini menguraikan penerapan aplikasi studi olah kata persuasi yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Penerapan studi olah kata ini menggunakan kalimat persuasi yang memiliki makna kalimat yang digunakan untuk memengaruhi seseorang agar berniat mengikuti hal yang disampaikan oleh komunikator. Metode pengumpulan dan analisis data ini memakai studi literatur atau kepustakaan. Adapun pembahasan ini adalah konsep olah kata persuasi ini dimaknai adanya pemakaian kata-kata yang didesain sedemikian rupa oleh pembicara untuk dapat memersuasi atau mengajak atau memengaruhi pendengar agar mau menuruti keinginan si pembicara dan juga adanya upaya pemaknaan secara pragmatis. Contoh aplikasi olah kata persuasi dan makna secara pragmatis adalah Setiap saat kita memberikan perhatian kepada seseorang yang kita cintai tapi nanti saat perayaan Valentine atau hari kasih sayang yang jatuh pada 14 Februari 2024, mari jatuhkan hatimu pada orang yang akan membangun negeri ini untuk menuju Indonesia yang lebih baik. Makna kalimat itu adalah pemilihan umum akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 dan diharapkan seluruh masyarakat Indonesia melakukan pemilihan dan menggunakan hati nurani dalam memilih calon pemimpin Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustrijanto. (2002). Copywriting Seni Mengasah Kreativitas dan Memahami Bahasa Iklan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, S. P. (2017). “Persuasi dalam Wacana Iklan. NUSA, 12 (1), 38-45. doi: https://doi.org/10.14710/nusa.12.1.38-45.

Chaer, Abdul, dan Leonie Agustina. (2004). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2014). Qualitatif Inquiry and Research Design. Sage Publications, Inc: California.

Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia.

Firdaus Achmad Ghandi, Martutik. (2022). “Persuasif dalam Iklan Indomie pada Media Sosial Twitter”. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2 (5), 676-692. pISSN 2797-0736 eISSN 2797-4480. doi: 10.17977/um064v2i52022p676-692.

Habsy, Bakhrudin All. “Seni Memahami Penelitian Kuliatatif dalam Bimbingan dan Konseling: Studi Literatur”. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1 (2), 90-100. p-ISSN: 2549-1857; e-ISSN: 2549-4279.

Harista, Eva. (2017). “Pengunaan Bahasa Persuasi di Media Sosial dalam Berdakwah pada Akun Facebook ‘Yusuf Mansur (Official)’”. Dari Mawa’ish Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, Vol. 8, No. 2, 308-324.

Idhartono, Amelia Rizky. 2020. “Studi Literatur: Analisis Pembelajaran Daring Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi”. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3 (3), 529-533.

Indrawati. (2019). Bahasa Persuasi dan Respon Kaum Milenial di Media Sosial Facebook pada Pilpres 2019. Skripsi. Universitas Lambung Mangkurat. https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/undas/article/download/1148/670.

Keraf, Gorys. (2006). Komposisi. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Maulina, F., Widodo, M., & Rusminto, E. N. (2018). “Penggunaan Bahasa Persuasi Iklan Komersial di Televisi dan Implikasinya di SMP. Jurnal Kata, 6 (2), 1-8. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/16398.

Nazir, Mohamad. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Putri Tiah. (2021). “Apa itu Kalimat Persuasif? Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contohnya”. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6441363/apa-itu-kalimat-persuasif-pengertian-jenis-ciri-dan-contohnya.

Tarigan, Henry Guntur. (2018). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Suparno dan Yunus. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Syamsul Anwar, Khusnul Khotimah. (2021). “Kalimat Persuasif dalam Akun Instagram Disporaparkabtegal dan Implikasinya”. Prosiding Seminar Nasional PIBSI ke-43. ISBN 978-623-7312-83-3. https://pbsi.umk.ac.id/images/DATAPIBSI43/28naskah.pdf.

Yeni, Afrita, Sri Hartati. (2020). “Studi Literatur: Stimulasi Kemampuan Anak Mengenal Huruf melalui Permainan Menguraikan Kata di Taman Kanak-Kanak Alwidjar Padang”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4 (1), 608-616.

Zed, Mestika. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Published

2024-05-31

How to Cite

Darmayanti, I. A. M., Artawan, G. ., & Artika, I. W. . (2024). PENERAPAN APLIKASI OLAH KATA PERSUASI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL KEMASYARAKATAN. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 12(2), 198-207. https://doi.org/10.59672/stilistika.v12i2.3423