PERAN FOREIGN BUDDY TUTOR SYSTEM DALAM MENINGKATKAN SPEAKING SKILL BAHASA INGGRIS MAHASISWA DI STIKES BINA USADA BALI
DOI:
https://doi.org/10.59672/stilistika.v12i1.3277Keywords:
speaking skill, tutor, buddyAbstract
Speaking skill menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam komunikasi. Dalam program minor healthy and happy ageing. Mahasiswa wajib menguasai Bahasa inggris dan memiliki speaking skill yang baik karena mereka diwajibkan untuk menjadi tutor untuk mahasiswa asing selama berada di Bali. Salah satu cara untuk meningkatkan speaking skil mereka adalah dengan senantiasa memberikan metode pengajaran yang lebih kreatif guna mengasah kemampuan mereka. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan speaking skill Bahasa inggris mahasiswa Bina Usada Bali dengan menerapkan foreign buddy tutor system. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian tindakan. Tindakan dalam penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dimana terjadi peningkatan yang signifikan dalam tiap siklusnya. Penerapan foreign buddy tutor system terbukti mampu meningkatkan speaking skill Bahasa inggris mahasiswa. Mereka menjadi lebih antusias dan termotivasi dalam berkomunikasi dengan mengguakan Bahasa inggris karena lawan bicara mereka adalah orang asing. Penerapan metode ini terbukti mampu meningkatkan speaking skill mahasiswa.
Downloads
References
Dewi, S. P. A. A. P., Purwaningsih, N. K., & Lindawati, N. P. (2022). Improving student ability in writing Narrative text by using Silent Cartoon Animation. English Language in Focus, 4, 11–24.
Nasution, N. C. (2018). Dukungan Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Al-Hikmah, 12(2), 159–174. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v12i2.1135
Ni Komang Purwaningsih, Dewi, S. P. A. A. P., & Lindawati, N. P. (2023). Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Bipa Program Minor Hha Melalui Media Permainan Catur Jantra Dan Kartu Berantai. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 11(2), 253–265. https://doi.org/10.59672/stilistika.v11i2.2824
Parmawati, A., & Inayah, R. (2019). Improving Students’ Speaking Skill Through English Movie in Scope of Speaking for General Communication. ELTIN Journa, 7(III), 43–53.
Setiani, K. (2016). Meningkatkan Keterampilan Berbicara ( Speaking Skill ) Bahasa Inggris Menggunakan Metode Bermain Peran ( Role Play ) Pada Siswa Kelas V. Skripsi, 55.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.