PERAN FOREIGN BUDDY TUTOR SYSTEM DALAM MENINGKATKAN SPEAKING SKILL BAHASA INGGRIS MAHASISWA DI STIKES BINA USADA BALI

Authors

  • Ayu Pertiwi Dewi Si Putu Agung Stikes Bina Usada Bali
  • Ni Komang Purwaningsih Stikes Bina Usada

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v12i1.3277

Keywords:

speaking skill, tutor, buddy

Abstract

Speaking skill menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam komunikasi. Dalam program minor healthy and happy ageing. Mahasiswa wajib menguasai Bahasa inggris dan memiliki speaking skill yang baik karena mereka diwajibkan untuk menjadi tutor untuk mahasiswa asing selama berada di Bali. Salah satu cara untuk meningkatkan speaking skil mereka adalah dengan senantiasa memberikan metode pengajaran yang lebih kreatif guna mengasah kemampuan mereka. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk  meningkatkan speaking skill Bahasa inggris mahasiswa Bina Usada Bali dengan menerapkan foreign buddy tutor system. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian tindakan. Tindakan dalam penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dimana terjadi peningkatan yang signifikan dalam tiap siklusnya. Penerapan foreign buddy tutor system terbukti mampu meningkatkan speaking skill Bahasa inggris mahasiswa. Mereka menjadi lebih antusias dan termotivasi dalam berkomunikasi dengan mengguakan Bahasa inggris karena lawan bicara mereka adalah orang asing. Penerapan metode ini terbukti mampu meningkatkan speaking skill mahasiswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, S. P. A. A. P., Purwaningsih, N. K., & Lindawati, N. P. (2022). Improving student ability in writing Narrative text by using Silent Cartoon Animation. English Language in Focus, 4, 11–24.

Nasution, N. C. (2018). Dukungan Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Al-Hikmah, 12(2), 159–174. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v12i2.1135

Ni Komang Purwaningsih, Dewi, S. P. A. A. P., & Lindawati, N. P. (2023). Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Bipa Program Minor Hha Melalui Media Permainan Catur Jantra Dan Kartu Berantai. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 11(2), 253–265. https://doi.org/10.59672/stilistika.v11i2.2824

Parmawati, A., & Inayah, R. (2019). Improving Students’ Speaking Skill Through English Movie in Scope of Speaking for General Communication. ELTIN Journa, 7(III), 43–53.

Setiani, K. (2016). Meningkatkan Keterampilan Berbicara ( Speaking Skill ) Bahasa Inggris Menggunakan Metode Bermain Peran ( Role Play ) Pada Siswa Kelas V. Skripsi, 55.

Published

2023-11-30

How to Cite

Si Putu Agung, A. P. D., & Purwaningsih, N. K. (2023). PERAN FOREIGN BUDDY TUTOR SYSTEM DALAM MENINGKATKAN SPEAKING SKILL BAHASA INGGRIS MAHASISWA DI STIKES BINA USADA BALI. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 12(1), 31-38. https://doi.org/10.59672/stilistika.v12i1.3277