ANALISIS KATA STAYCATION PADA INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI AKOMODASI PERHOTELAN DI BALI

Authors

  • Gede Sidi Artajaya Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Made Rinayanthi Rina IPB Internasional, Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v12i1.3220

Keywords:

Bali, Hotel, Instagram, Iklan, Staycation

Abstract

Artikel ini menganalisis tren penggunaan kata "staycation" melalui iklan perhotelan Bali di Instagram. Staycation, yang merupakan gabungan dari kata "stay" dan "vacation," mengacu pada konsep menghabiskan waktu liburan di dalam kota atau di sekitar tempat tinggal seseorang. Dalam artikel ini, kami menggunakan data dari iklan perhotelan di Bali yang diposting di platform Instagram untuk memahami tren dan pola penggunaan kata staycation. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara menganalisis konten iklan perhotelan yang menggunakan kata staycation dalam teks atau keterangan iklan. Penulis mengumpulkan dan menganalisis sejumlah iklan perhotelan Bali yang diposting di akun Instagram resmi mereka. Fokus utama analisis adalah untuk mengidentifikasi seberapa sering kata staycation digunakan, bagaimana kata tersebut dipasangkan dengan elemen visual iklan, serta konteks dan strategi pemasaran yang terkait dengan penggunaan kata tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan kata staycation dalam iklan perhotelan Bali di Instagram mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini menunjukkan adanya tren yang berkembang di kalangan wisatawan yang mencari pengalaman liburan yang santai dan nyaman tanpa harus bepergian jauh dari tempat tinggal mereka. Penggunaan kata staycation dalam iklan tersebut biasanya diperkuat dengan visual menarik yang menggambarkan fasilitas hotel yang memanjakan, kolam renang yang indah, dan makanan lezat yang disajikan di tempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnan, M., Ratriningtyas, N., Siswandoyo, E. B., & Mucharomah, N. L. (2023). Penerapan Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid-19: Suatu Tinjauan Pada Instagram Dan Tiktok Apple Green Hotel. Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 6(2), 81-87.

Christian, C., & Sukendro, G. (2019). Kreatif Hashtag (Analisis Deskriptif Makna Penggunaan Hashtag Pada Iklan Tokopedia# MulaiAjaDulu Di Youtube). Prologia, 3(1), 54-59.

Harsyauqi, M. D., & Rafiah, K. K. (2023). Driving Foreign Tourist to Bandung: The Traveloka Travel Friends Project Design. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(2), 384-391.

Havier, M. R. (2022). DESAIN INTERIOR KAMAR TIDUR INSTAGRAMABLE TIPE" ILLUSTRATION" DI THE SILK HOTEL BANDUNG MEMANFAATKAN METODE SURFACE MIMICRY. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 10(1), 19-27.

Indarto, B. W. (2022). COLLAB “STAYCATION” MELALUI AKUN INSTAGRAM@ RATIHSUKMARESI (Strategi@ Ratihsukmaresi melalui Instagram dalam program staycation untuk mempromosikan penginapan di Yogyakarta tahun 2020) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Permatasari, N., & Trijayanto, D. (2017). Motif Eksistensi melalui penggunaan hashtag (# OOTD) di media sosial instagram. Jurnal Promedia, 3(2), 252-73.

Published

2023-11-30

How to Cite

Artajaya, G. S., & Rina, N. M. R. (2023). ANALISIS KATA STAYCATION PADA INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI AKOMODASI PERHOTELAN DI BALI. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 12(1), 10-17. https://doi.org/10.59672/stilistika.v12i1.3220