PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS CERITA PENDEK MELALUI MODEL BERFIKIR-BERPASANGAN-BERBAGI ( THINK PAIR SHARE ) PADA PESERTA DIDIK KELAS IX¬-D SMP NEGERI 4 MIMIKA
DOI:
https://doi.org/10.59672/stilistika.v12i1.3126Keywords:
: strStruktur dan aspek kebahasanan, teks cerita pendek, model think pair shareAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran Think pair Share (TPS). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX-D SMP Negeri 4 Mimika dengan jumlah 36 peserta didik dan dilakukan melalui 2 (dua) siklus. Secara klasikal kemampuan peserta didik dalam menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks cerita pendek pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,06 dari 62,14 sebelum dilakukan tindakan. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 11,92 atau 19,44% . Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 84,44, berarti terjadi peningkatan sebesar 10,38 atau 13,88 %. Hal ini berarti penggunaan model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-D SMP Negeri 4 Mimika khususnya dalam pembelajaran menelaah struktur dan apek kebahasaan teks cerita pendek.
Kata Kunci: struktur dan aspek kebahasaan, teks cerita pendek, model think pair share
Downloads
References
Agus Suprijono. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka
Jaya
Daryanto. (2007). “Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Cerpen dengan Metode Think pair and share pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Cepiring Tahun Ajaran 2009/2010.” Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Frank, Lyman. (1985). Model Pembelajaran TPS. Jakarta: Universitas Maryland dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMK Bina Cendika Malang” Skripsi Universitas Negeri Malang 2010- Abstrak Huda. (2016 hlm 206 )
Hani, Handayani (2019 ). Penggunaan Metode Berpikir-Berpasangan-Berbagi ( Think Pair Share ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Cerpen Siswa Kelas IX-C SMP Negeri 1 Cimenyan” Artikel Ilmiah
Hamalik , Oemar . (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Risnawati. (2005). Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah Melalui Metode Belajar Kooperatif Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas 1 SMA Negeri 9 Malang”Skripsi UNM.
Slameto . (2010) . Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya . Jakarta : Rineka Cipta
Sudjana.N (2001). Peningkatan pemahaman Cerita Pendek dengan Metode Pemberian Tugas pada Siswa Kelas II SLTP N 2 Bonang Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2000/2001. Skripsi. Unversitas Negeri Semarang.
Susilo. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher
Wardani, dkk. (2011). Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: niversitas Terbuka
Yustitia, V., Rusminati, S.H., & Sulistyawati, I. (2014). Implementasi Lesson Study Menggunakan Model Think Pair Share Dan Pendekatan Saintifik. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 8, 1.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.