PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS CERITA PENDEK MELALUI MODEL BERFIKIR-BERPASANGAN-BERBAGI ( THINK PAIR SHARE ) PADA PESERTA DIDIK KELAS IX¬-D SMP NEGERI 4 MIMIKA

Authors

  • Listianti Meindriana Program Studi PPG Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Astawan Nyoman Program Studi PPG Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v12i1.3126

Keywords:

: strStruktur dan aspek kebahasanan, teks cerita pendek, model think pair share

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran Think pair Share (TPS). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX-D SMP Negeri 4 Mimika dengan jumlah 36 peserta didik dan dilakukan melalui 2 (dua) siklus. Secara klasikal kemampuan peserta didik dalam menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks cerita pendek pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,06 dari 62,14 sebelum dilakukan tindakan. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 11,92 atau 19,44% . Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 84,44, berarti terjadi peningkatan sebesar 10,38 atau 13,88 %. Hal ini berarti penggunaan model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-D SMP Negeri 4 Mimika khususnya dalam pembelajaran menelaah struktur dan apek kebahasaan teks cerita pendek.

Kata Kunci: struktur dan aspek kebahasaan, teks cerita pendek,  model think pair share

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Suprijono. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka

Jaya

Daryanto. (2007). “Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Cerpen dengan Metode Think pair and share pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Cepiring Tahun Ajaran 2009/2010.” Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Frank, Lyman. (1985). Model Pembelajaran TPS. Jakarta: Universitas Maryland dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMK Bina Cendika Malang” Skripsi Universitas Negeri Malang 2010- Abstrak Huda. (2016 hlm 206 )

Hani, Handayani (2019 ). Penggunaan Metode Berpikir-Berpasangan-Berbagi ( Think Pair Share ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Cerpen Siswa Kelas IX-C SMP Negeri 1 Cimenyan” Artikel Ilmiah

Hamalik , Oemar . (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Risnawati. (2005). Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah Melalui Metode Belajar Kooperatif Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas 1 SMA Negeri 9 Malang”Skripsi UNM.

Slameto . (2010) . Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya . Jakarta : Rineka Cipta

Sudjana.N (2001). Peningkatan pemahaman Cerita Pendek dengan Metode Pemberian Tugas pada Siswa Kelas II SLTP N 2 Bonang Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2000/2001. Skripsi. Unversitas Negeri Semarang.

Susilo. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher

Wardani, dkk. (2011). Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: niversitas Terbuka

Yustitia, V., Rusminati, S.H., & Sulistyawati, I. (2014). Implementasi Lesson Study Menggunakan Model Think Pair Share Dan Pendekatan Saintifik. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 8, 1.

Published

2023-11-30

How to Cite

Meindriana , L., & Nyoman, A. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS CERITA PENDEK MELALUI MODEL BERFIKIR-BERPASANGAN-BERBAGI ( THINK PAIR SHARE ) PADA PESERTA DIDIK KELAS IX¬-D SMP NEGERI 4 MIMIKA. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 12(1), 84-100. https://doi.org/10.59672/stilistika.v12i1.3126