PEMAKAIAN JENIS DAN FUNGSI KALIMAT DALAM MENENTUKAN KUALITAS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 DENPASAR

Authors

  • Yoga Putra Semadi IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v7i2.291

Keywords:

Karangan Narasi, Jenis dan Fungsi Kalimat

Abstract

Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis kalimat yang digunakan untuk membangun karangan narasi dan (2) kualitas karangan narasi ditinjau dari pemakaian jenis dan fungsi kalimat pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Denpasar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jenis kalimat yang digunakan oleh siswa dalam karangan narasi lebih didominasi oleh kalimat tunggal, yaitu sebanyak 208 kalimat. (2) Kualitas karangan narasi siswa kelas X6 dan X7 di SMA Negeri 7 Denpasar ditinjau dari pemakaian jenis dan fungsi kalimat tergolong dalam kategori baik, yaitu sebesar 82,21. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kualitas karangan narasi siswa tergolong dalam kategori baik. Hal itu terlihat pada jenis kalimat yang digunakan oleh siswa dalam membentuk karangan narasi.

 

This quantitative descriptive study aimed to describe (1) the type of sentences that are used to construct a narrative essay and (2) narrative essay quality in terms of the using types and function of sentences on class X SMAN 7 Denpasar. The data collection method used is the test method. The results showed that (1) The type of sentences used by students in a narrative essay is dominated by a simple sentence, as many as 208 words. (2) The quality of the narrative essay in terms of the using type and function of the sentence within a good category, with score 82.21. Based on the results of research and discussion, we can conclude that the quality of the narrative essay students classified in good category. It was seen on the type of sentence that is used by students in the form of narrative essay.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhadiah, Arsjad, Ridwan. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: ANDI.

Gunasari, Ni Putu Candra. 2010. Pemanfaatan Media Komik Tanpa Teks untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas X5 SMA Negeri 5 Denpasar. Singaraja: Undiksha.

Hakim, Arif. 2005. Kiat Menulis Artikel di Media Masa: dari Pemula Sampai Mahir. Bandung: Nuansa Cendikia.

Keraf, Gorys. 2001. Komposisi. Semarang: Nusa Indah.
Kusuma Dewi, Putu Eka Lisa. 2007. Pengaruh Penguasaan Kalimat terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1Negara. Singaraja: Undiksha.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa, Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Nurkancana, wayax dan PPN. Sunarta. 1992. Evaluasi Hasil Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Parera, Daniel Jos. 1993. Menulis Tertib dan Sistematik. Jakarta: ERLANGGA.

Poerwadarminta, W.J.S. 2007. KUBI. Jakarta: Balai Pustaka.

Putrayasa, Ida Bagus. 2008. Analisis Kalimat (Fungsi, Kategori, dan Peran). Bandung: Refika Aditama.

Ramlan, M. 1982. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.

Suandi, I Nengah. 2008. Metodologi Penelitian Bahasa. Singaraja: Undiksha.

Subagyo, P. Joko. 2004. Metode Penelitian: Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana dan Ibrahim. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. ALFABET.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tarigan, Henry Guntur. 1982. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published

2019-06-11

How to Cite

Semadi, Y. P. (2019). PEMAKAIAN JENIS DAN FUNGSI KALIMAT DALAM MENENTUKAN KUALITAS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 DENPASAR. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 7(2), 307-326. https://doi.org/10.59672/stilistika.v7i2.291