MASALAH SOSIAL MASYARAKAT DALAM PEMENTASAN DRAMA SALAH SANGKA KARYA ANDRI APRIANTO

Authors

  • Pintan Pintania Fauziah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v11i2.2851

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena melihat banyaknya masalah-masalah sosial dari berbagai macam aspek. Namun, dalam penelitian ini kemiskinan, kejahatan, dan masalah generasi muda sangat mendominasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis masalah-masalah sosial yang ada pada pementasan drama Salah Sangka karya Andri Aprianto. Penelitian ini merumuskan satu permasalahan yaitu masalah sosial dalam pementasan drama Salah Sangka karya Andri Aprianto. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wujud masalah sosial yang dikemukakan oleh Soerjono Soekanto dengan menggunakan kajian sosiologi sastra. Data dianalisis dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan hasil data deskriptif yang ditemukan berupa kutipan dan bukti gambar dalam pementasan drama Salah Sangka karya Andri Aprianto. Sumber data yang ditemukan dengan sumber data primer, karena berupa audio visual dari drama Salah Sangka. Cara pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik baca dan mencatat analisis isi. Berdasarkan isi analisisnya, ditemukan masalah sosial dalam pementasan drama Salah Sangka karya Andri Aprianto menggunakan kajian sosilogi sastra dengan teori masalah sosial menurut Soekanto, dalam penelitian ini ditemukan 7 data; diantaranya ditemukan 2 data Kejahatan; 2 data Masalah Generasi Muda; 1 data Kemiskinan; 1 data Pelanggaran Terhadap Norma-norma Masyarakat, dan 1 Masalah Kependudukan.

Kata Kunci: Drama, Masalah Sosial, Sosiologi Sastra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jalajat, S. D., Baruadi, M. K., & Lantowa, J. (2022). Masalah Sosial dalam Novel Gerhana Merah Karya Muhammad Sholihin (Tinjauan Sosiologi Sastra). Jambura Journal of Linguistics and Literature, 3(2).

Lafamane, F. (2020). Karya sastra (puisi, prosa, drama).

Pramesthi, E. A., & Sutanto, E. (2023). Masalah Sosial Dalam Novel Penyalin Cahaya Karya Lucia Priandarini: Pendekatan Sosiologi Sastra. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 8(2), 226–236.

Sasmika, M., Maspuroh, U., & Rosalina, S. (2022). Masalah Sosial dalam Novel La Muli Karya Nunuk Y. Kusmiana. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 1–12.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Syafrona, A., Abdurahman, A., & Nst, M. I. (2013). Masalah sosial dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye: Kajian sosiologi sastra. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 241–248.

Wargiah, F. A. D. (2016). Nilai-Nilai Moral Dalam Drama "Gubernur" Karya Afrion. Unimed.

Published

2023-05-25

How to Cite

Pintania Fauziah, P. (2023). MASALAH SOSIAL MASYARAKAT DALAM PEMENTASAN DRAMA SALAH SANGKA KARYA ANDRI APRIANTO. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 11(2), 373-387. https://doi.org/10.59672/stilistika.v11i2.2851