PENGARUH GENDER DAN MOTIVASI MEMILIH SEKOLAH KEJURUAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR (STUDY KASUS DI KECAMATAN ABIANSEMAL KABUPATEN BADUNG) TAHUN 2018

Authors

  • I Made Gede Putra Wijaya Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/stilistika.v7i2.284

Keywords:

Gender, Motivasi Memilih Sekolah, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini menguji motivasi memilih sekolah dan pengaruh gender terhadap prestasi belajar siswa di SMK PGRI 1 Badung dimana motivasi memilih sekolah sebagai variabel intervening. Sampel dari penelitian ini sebanyak 100 siswa yang terdiri dari 50 siswa perempuan dan 50 siswa laki-laki. Metode sampling menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gender berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar siswa; (2) gender tidak berpengaruh secara langsung terhadap motivasi memilih sekolah; (3) motivasi memilih sekolah tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa; (4) dan gender tidak memiliki pengaruh tidak langsung terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi memilih sekolah.

 

This research examines the effects of student’s motivation and gender in choosing school towards student achievement in SMK PGRI 1 Badung with motivation in choosing the school as intervening variabel. Samples of this researh are 100 students consist of 50 female students and 50 male students. Sampling methode was done by purposive sampling. The results showed that: (1) gender have significant direct effect on student achievement; (2) gender have no significant direct effect on motivation to choose the school; (3) motivation to choose the school have no significant effect on student achievement; (5) and gender has no significant effect on student achievement towards motivation in choosing the school.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, Saifudin. 1998. Fungsi dan Pembangunan Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan PT Rineka Cipta.

Faisal, Sanafiah. 2005. Format-Format Penelitian: Dasar-Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Press.

Gurian, Michael. 2003. Apa Sih yang Si Abang Pikirkan: Membedah Cara Kerja Otak Laki-Laki. Terjemahan. Agung Prihantoro. 2005. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Handayani, Trisakti dan Sugiarti. 2002. Konsep dan Teknik Penelitian Gender. Malang: UMM Press.

Naimah, Jannatun. 2007. Pengaruh Nilai Ujian Nasional (NUN) SLTP dan Motivasi Memilih Jurusan terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.

Praptiningsih, Arie. 2007. Hubungan Keefektifan Guru dalam Mengajar dan Memotivasi Berprestasi Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Akuntansi (Studi pada SMA Ardjuna Malang). Skripsi tidak diterbitkan.
Universitas Negeri Malang.

Riduwan dan Engkos Achmad Kuncoro. 2007. Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kloang Klede Jaya.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Published

2019-06-10

How to Cite

Wijaya, I. M. G. P. (2019). PENGARUH GENDER DAN MOTIVASI MEMILIH SEKOLAH KEJURUAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR (STUDY KASUS DI KECAMATAN ABIANSEMAL KABUPATEN BADUNG) TAHUN 2018. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 7(2), 211-225. https://doi.org/10.59672/stilistika.v7i2.284