PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA BIPA PROGRAM MINOR HHA MELALUI MEDIA PERMAINAN CATUR JANTRA DAN KARTU BERANTAI
DOI:
https://doi.org/10.59672/stilistika.v11i2.2824Abstract
BIPA merupakan salah satu mata kuliah wajib yang ditawarkan pada program minor HHA bagi mahasiswa asing dari Netherlands. Menguasai bahasa Indonesia untuk pembelajar pemula merupakan tantangan besar. Tantangan tersebut tidak hanya dirasakan oleh mahasiswa, tetapi juga dosen pengajar dituntut untuk bisa mentransfer pengetahuan dengan baik khususnya dalam meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memperkenalkan permainan catur jantra dan kartu berantai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi melalui metode observasi langsung dan wawancara. Dari hasil penelitian didapatkan beberapa tema penelitian yaitu: mekanisme permainan catur jantra dan kartu berantai, analisis tata bahasa, pandangan mahasiswa serta kendala yang dihadapi saat mengaplikasikan permainan tersebut. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi acuan untuk mengembangkan ide kreatif dalam mengajarkan BIPA di dalam kelas serta pengaplikasiannya bisa dikembangkan tidak hanya dalam membuat kalimat sederhana namun bisa digunakan untuk membuat kalimat yang lebih kompleks serta tidak hanya berfokus pada kemampuan berbicara saja.
Kata Kunci: BIPA, permainan catur jantra, kartu berantai, kemampuan berbicara
Downloads
References
Adijaya, N. (2016). Kesalahan Gramatikal pada Teks Materi Ajar Bahasa Inggris yang Dipergunakan Universitas Terbuka. Eduscience .
Bagwell, R. (2012). Vocabulary Card Games. eHow Contributor.
https://dqlab.id/teknik-analisis-data-deskriptif-kualitatif-pada-fenomenologi
Mubaslat, M. (2012). The Effect of Using Educational Games on the Students' Achievement in english Language for the Primary Stage.
Purwaningsih, N. &. (2019). Improving Communicative Speaking Skill of Nursing Students in English for Specific Purposes (ESP) Using Catur Jantra and String in Classroom Discussions. iELT-con 2019 (pp. 35-145). Penang, Malaysia: PELLTA.
Setyaningtyas, E. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat Dasar dengan Permainan Catur Jantra. Elementary School (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an) .
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.