STRUKTUR NARATIF DALAM NOVEL WANITA AMERIKA DIBUNUH DI UBUD KARYA GDE ARYANTHA SOETHAMA DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA/SMK

Authors

  • Ni Kadek Ayu Purnamasari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Made Suarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ketut Yarsama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7425991

Keywords:

Struktur Naratif, Nilai-Nilai Moral, Novel

Abstract

Penelitian ini membahas struktur naratif dalam novel Wanita Amerika Dibunuh di Ubud karya Gde Aryantha Soethama dan relevansinya dalam pembelajaran apresiasi sastra di SMA/SMK. Penelitian ini menggunakan jenis penelitain kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, tema yang diangkat yaitu penyelidikan kekuasaan. Tokoh utama yaitu Susan, tokoh tambahan yakni Bram, Samuh, Decker, Robert, Fanny, Hesti, Rasta, Sukra, Ida Pedanda Gambuh. Alur yang digunakan yaitu alur maju. Latar meliputi latar tempat yaitu, rumah duka, kuburan, halaman pura dalem, bandara I Gusti Ngurah Rai, cottage, kantor, rumah kontrakan Rasta, rumah masakan padang. Latar waktu yaitu, pagi, siang, sore, malam, besok, dini hari. Latar suasana yaitu, bingung, cemas, cengeng, sedih, menegangkan. Gaya bahasa yang digunakan yakni personifikasi dan hiperbola. Sudut pandang yang digunakan yaitu orang pertama (tokoh sampingan). Amanat yang disampaikan yaitu berhati-hatilah bergaul dengan orang yang baru dikenal. Kedua, Novel Wanita Amerika Dibunuh di Ubud karya Gde Aryantha Soethama dapat dijadikan alternatif sebagai bahan ajar apresiasi sastra di SMA/SMK. Hal itu terbukti dari nilai-nilai yang terkandung dalam Novel Wanita Amerika Dibunuh di Ubud juga terdapat dalam Novel Mangir pada modul pengayaan Bahasa Indonesia kelas XII.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angesti, Arjuna Jun Avithariyhana. 2015. Simplifikasi Struktur Naratif dalam Novel Kumandhanging Katresnan karya Any Asmara serta Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Jawa di SMA. Malang: Universitas Sebelas Maret. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/49769/ diakses pada 18 Januari 2022.

Bal, Mieke. 1985. Narratology: Introduction to The Theory of Narrative. London: University of Toronto Press.

Barker, Chris. 2009. Cultur Studies. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Burhanuddin. 2008. Pembelajaran Teks Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Hasanuddin.2019. Drama Kajian Dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa.

Ismawati, Esti. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Jaiman, Ratna Dewiana. 2020. Analisis Struktur Naratif Novel Memeluk Takdir Karya Nurul Miresi dan Relevansinya dalam Pendidikan Karakter. Denpasar: Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. .

Kemendikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta.

Keraf, Gorys. 2009. Diksi Dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih. E. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Luxemburg, Jan Van dkk. 1984. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.

Nurgiyantoro, Burham. 2018. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1995. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rahmadhanti, Dina. 2018. Apresiasi Prosa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Soethama, Gde Aryantha. 2020. Wanita Amerika Dibunuh di Ubud. Denpasar: Prasasti.

Sonia, Gita. 2012. Struktur Naratif dan Penokohan Tokoh Utama pada Novel Garuda Putih karya Suparto Brata. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/31082/1/Gita%20Sonia%2008205241004.pdf/ diakses pada 21 Januari 2022.

Suarta, I Made & I Kadek Adhi Dwipayana. 2014. Teori Sastra. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sugiyono. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Senata Dharma Universitas Press.

Suwondo, Tirto. 2012. Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henri Guntur. 1995. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung:Angkasa.

Widyaningsih,Emi. t.t. Modul Pengayaan Bahasa Indonesia Kelas XII. Surakarta: CV Grahadi.

Published

2022-11-30

How to Cite

Purnamasari, N. K. A. ., Suarta, I. M. ., & Yarsama, K. . (2022). STRUKTUR NARATIF DALAM NOVEL WANITA AMERIKA DIBUNUH DI UBUD KARYA GDE ARYANTHA SOETHAMA DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA/SMK. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 11(1), 234-252. https://doi.org/10.5281/zenodo.7425991