KEMAMPUAN MERESENSI CERPEN SEPOTONG CINTA DALAM DIAM KARYA ASMA NADIA OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MENGWI TAHUN PELAJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7426003Keywords:
Kemampuan, Meresensi, CerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan meresensi cerpen “Sepotong Cinta dalam diam” Karya Asma Nadia siswa kelas XI SMA Negeri 2 Mengwi tahun pelajaran 2021/2022,untuk mengetahui kesulitan yang dialami dalam meresensi cerpen “Sepotong Cinta dalam diam” Karya Asma Nadia siswa kelas XI SMA Negeri 2 Mengwi tahun pelajaran 2021/2022 dan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan kesulitan dalam meresensi cerpen “Sepotong Cinta dalam diam” Karya Asma Nadia siswa kelas XI SMA Negeri 2 Mengwi tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kemampuan meresensi cerpen “Sepotong Cinta dalam diam” Karya Asma Nadia siswa kelas XI SMA Negeri 2 Mengwi tahun pelajaran 2021/2022 adalah baik, 2) kesulitan tertinggi yang dihadapi siswa dalam meresensi cerpen teridentifikasi pada semua aspek yaitu pada tingkat kesulitan menuliskan pendahuluan pada cerpen atau buku, 3) faktor penyebab utama yang menyebabkan siswa kelas XI dalam meresensi cerpen teridentifikasi pada faktor kurangnya minat siswa membaca dikarenakan menurut partisipan membaca sangatlah membosankan dikarenakan teks yang panjang dan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih yang membuat siswa makin malas untuk membaca.
Downloads
References
Abidin, Yusuf Zainal. 2003. Pengantar Retorika. Bandung: Pustaka Setia.
Agung, A. A.G. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha
Akbar, Purnomo Setiady dan Usman, Husaini. 2017. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Argiandini, S. R. 2019. Keterampilan Menulis Resensi. Paper (tidak diterbitkan) Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Barus, S. 2011. Menulis Dalam Kehidupan Masa Kini. In Proceeding Seminar International (pp. 111-114). Bartong Jaya.
Damayanti, Deni. 2016. Pintar Menulis Karya Ilmiah Sejak Bangku Kuliah. Yogyakarta: Araska
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Herwani, A. 2018. Analisis Kemampuan Mengkonstruksi Resensi Buku Kumpulan Cerita Pendek Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Serbajadi Kabupaten Serdang Bedagai Ta 2018/2019 (Doctoral dissertation, UNIMED).
Iskandarwassid & Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya
Kosasih, E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia (Membaca, Menulis, Mementaskan, Menikmati Puisi, Prosa, Drama). Jakarta: Nobel Edumedia.
Morrisan, M. A. 2012. Metode Penelitian Survei. Kencana.
Netra, I.B. 1976. Metodelogi Penelitian. Singaraja: Biro Penelitian dan Penerbitan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Udayana.
Nuraini, H. R. Kemampuan Menulis resensi cerpen dalam kumpulan cerpen robohnya surau kami dengan teknik pemberian tugas di Kelas XII SMAN 1 Parung Tahun Pelajaran 2018/2019 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Nurbiana, Dhieni, dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Modul Pelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nurkancana, Wayan & Sumartana. 1982. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Nurkancana, Wayan & Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.
Nuroh, Ermawati Zulikhatin. Analisis Stilistika dalam Cerpen. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 2011, 1.1: 21-34.
Rosiani, I. N. 2018. Pembelajaran Mengonstruksi Sebuah Resensi Dari Kumpulan Cerpen Dengan Menggunakan Teknik Cutting Gluing Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 6 Bandung (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Suarta, dkk.2020. Buku Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan. Denpasar.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Tindakan. Bandung: CV. Alfabeta
Suharyanti. 2011. Pengantar Dasar Keterampilan Berbicara. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Supriyadi, dkk. 2007. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Depdikbud
Suryana, dkk. 2015. Metode Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.
Tarigan, Djago. 1992. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Tarigan, Djago. 1997. Materi Pokok Kependidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan, H. G. 1994. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa.. Bandung: Angkasa.
Yunus, M. 2014 . Hakikat Menulis. Modul Perkuliahan Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.