OPTIMALISASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EDITORIAL PADA KELAS XII SMA BUDI LUHUR

Authors

  • Karaeng Palulun Prodi PPG Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Wayan Sudarti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7417017

Keywords:

Model Pembelajaran Discovery Learning, Menulis Teks Editorial

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks editorial melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA BUDI LUHUR semester ganjil tahun pembelajaran 2022/2023 yang berjumlah 18 orang. Data penelitian ini terbagi menjadi tiga, yakni hasil menulis teks editorial, langkah-langkah penerapan model pembelajaran discovery learning, dan respon siswa terhadap pembelajaran. Data hasil menulis teks editorial  oleh siswa dikumpulkan dengan teknik tes, data langkah-langkah penerapan model pembelajaran discovery learning dikumpulkan dengan observasi, dan data respons siswa terhadap pembelajaran dikumpulkan dengan angket. Data hasil menulis teks editorial oleh siswa dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Data langkah-langkah penerapan model pembelajaran discovery learning dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Data respons siswa terhadap pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks editorial  siswa mengalami peningkatan. Respons siswa terhadap pembelajaran berada pada kategori sangat baik, yakni 89% siswa mengganggap positif pada siklus I dan 85% siswa mengganggap positif pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariningsih, Nur Endah, D. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 1(1).

Kemdikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (Sma/Ma/Smk/Mak) Mata. Kemendikbud. Jakarta: Kemendikbud.

Ramadhanti, D., Program, D., Pendidikan, S., & Indonesia, S. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe Circ Dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Lembah Gumanti. Gramatika.

Saadah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Ktri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Smp Padangratu. . Jurnal Online Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1).

Sriani, N. K., Sutama, M., Ayu, I., Darmayanti, M., Pendidikan, J., Dan, B., … Se Pembelajaran Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Pada Siswa Kelas Vii B Smp Negeri 2Tampaksiring. Journal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–11.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: prestasi pustaka.

http://referensisiswa.blogspot.com/2017/01/teks-editorial-opini-tajuk-rencana.html.

http://pelitaku.sabda.org/langkah_langkah_menulis_editorial.

Published

2022-11-30

How to Cite

Palulun, K. ., & Sudarti, N. W. . (2022). OPTIMALISASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EDITORIAL PADA KELAS XII SMA BUDI LUHUR. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 11(1), 135-152. https://doi.org/10.5281/zenodo.7417017