REPRESENTASI NILAI BUDAYA MADURA DALAM NOVEL DAMAR KAMBANG KARYA MUNA MASYARI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS XII SMA/SMK

Authors

  • Nadia Nuran Dani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Made Sujaya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Made Adnyana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7416986

Keywords:

Budaya Madura, Damar Kambang, Pembelajaran Sastra

Abstract

Penelitian ini membahas representasi nilai budaya Madura dalam novel Damar Kambang karya Muna Masyari dan relevansinya dalam pembelajaran sastra di kelas XII SMA/SMK dengan pendekatan antropologi sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Damar Kambang karya Muna Masyari terdapat lima nilai budaya yang dianalisis menggunakan teori yang dikemukakan oleh Djamaris, dkk. Nilai tersebut meliputi nilai budaya dalam hubungan manusia dengan Tuhan yang terdiri dari nilai taat beribadah, berdoa, percaya pada takdir, dan percaya kekuatan gaib, nilai budaya dalam hubungan manusia dengan alam yang terdiri dari nilai pemanfaatan alam dan keindahan alam, nilai budaya dalam hubungan manusia dengan masyarakat terdiri dari nilai musyawarah, gotong royong, dan kepatuhan, nilai budaya dalam hubungan manusia dengan manusia lain terdiri dari nilai harapan, tolong menolong, kehormatan, tanggung jawab, kasih sayang, kepatuhan, dan kesetiaan, dan nilai budaya dalam hubungan manusia dengan diri sendiri kerja keras, harga diri, kenyamanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamaluddin, Ahdar dan Wardana. 1440 H. Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center.

Djamaris, Edwar dkk. 1993. Nilai Budaya Dalam Beberapa Karya Sastra Nusantara: Sastra Daerah Di Sumatera. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: PT. Buku Seru.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Antroplogi Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Masyari, Muna. 2020. Damar Kambang. Jakarta: (KPG) Kepustakaan Populer Gamedia.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta Selatan: Referensi (GP Press Group).

Rahmanto, B. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Antropologi Sastra: Peranan Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Riana, Deny. 2010. Ensiklopedia Seni-Budaya: Tujuh Unsur Kebudayaan. Jakarta Selatan: Trias Yoga Kreasindo.

Samsu. 2017. Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (Pustaka).

Sihotang, Amri P. 2008. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Semarang: CV Manunggal Karso.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Analisis Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Triyono, Adi dkk. 2003. Haru Biru Pengajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Gama Media.

Zakiyah, Qiqi Yulianti dan Rusdiana. 2014. Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Published

2022-11-30

How to Cite

Dani, N. N. ., Sujaya, I. M. ., & Adnyana, I. M. . (2022). REPRESENTASI NILAI BUDAYA MADURA DALAM NOVEL DAMAR KAMBANG KARYA MUNA MASYARI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS XII SMA/SMK. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 11(1), 107-123. https://doi.org/10.5281/zenodo.7416986