KETERAMPILAN GURU BAHASA INDONESIA MENYUSUN SOAL OBJEKTIF BERBASIS HOTS DALAM PENILAIAN AKHIR SEMESTER KELAS X DI SMK NEGERI 5 DENPASAR PADA TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Ni Kadek Dian Paramita Dewi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Wayan Gunartha Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Kadek Adhi Dwipayana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7416968

Keywords:

HOTS, Kemampuan Guru, Soal Objektif, Evaluasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan dan kendala guru Bahasa Indonesia kelas X di SMKN 5 Denpasar dalam menyusun soal objektif berbasis HOTS, serta kesesuaian butir soal dengan syarat instrumen yang baik. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yang digunakan adalah dua orang guru Bahasa Indonesia kelas X dan dokumen resmi berupa alur tujuan pembelajaran dan soal penilaian akhir semester kelas X mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun ajaran 2021/2022. Teknik analisis data yang digunakan yaitu display data, reduksi data, dan analisis validitas. Hasil analisis pertama diperoleh kemampuan guru menyusun soal objektif berbasis HOTS masih kurang yang dibuktikan dari persentase soal HOTS hanya sebesar 26%. Hasil kedua menunjukkan bahwa guru masih mengalami kendala dalam menyusun soal HOTS yaitu guru masih kebingungan ketika membedakan kata kerja operasional pada setiap ranah kognitif, kesulitan menentukan teks, dan kesulitan membuat soal untuk siswa dengan kemampuan berbeda. Hasil analisis ketiga menunjukkan bahwa sebagian besar butir soal telah memenuhi kaidah penyusunan soal objektif. Sedangkan tingkat validitas isi butir soal masih rendah karena hanya 26% soal yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyaningsih, Ica Putri. 2020. Analisis Soal Sejarah Kebudayaan Islam MI Kelas IV Perspektif HOTS. TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam. 8(2): 353-376.

Chandra, Deni dan D. Heryadi. 2020. Kemampuan Guru Bahasa Indonesia Dalam Membuat Soal Tes Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) di SMP Sekecmatan Karangnunggal. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 16(1): 22-28.

Febriana, Rina. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Fikri, Alfarobi Brillian. 2020. Kemampuan Guru dalam Pembuatan Soal Higher Order Thinking Skill Pada Pembelajaran Tematik Muatan IPS Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020 [skripsi]. Salatiga (ID): Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Gunartha, I Wayan, dkk. 2020. Developing Instruments For Measuring The Level Of Early Childhood Development. REiD (Research and Evaluation in Education). 6(1): 1-9.

Herawati, Netti, dkk. 2020. Peningkatan Kemampuan Penyusunan Instrumen Evaluasi Berbasis Hots Bagi Guru (SMAN 05 Tinggi Moncong). Jurnal Dedikasi. 22(2): 192-196.

Hidayat, Tatang dan A. Asyafah. 2019. Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. 10(1): 159-181.

Kemdikbud. 2016. Panduan Penulisan Soal. Jakarta: Balitbang Kemdikbud.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud No 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: KemendikbuD.

Labudasari, Erna dan Eliya Rochmah. 2018. Pengantar Evaluasi Pembelajaran. Cirebon.

Mahendra, I Wayan Eka, dkk. 2020. Teachers’ Formative Assessment: Accessing Students’ High Order Thinking Skills (HOTS). International Journal of Innovation, Creativity and Change. 12(12): 180-202.

Posma. 2021. Analisis Kesulitan Guru Bahasa Indonesia dalam Penerapan Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMK Swasta Pariwisata Prima Sidikalang. Bahastra Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 5(2): 34-37.

Purwati, Ni Kadek Rini dan I.W. Sumandya. 2019. Penerapan Partial Credit Model (PCM) dalam Mengevaluasi Tes Uraian. Jurnal EMASAINS. 8(1): 77-85.

Rahman, Arief Aulia dan C.E. Narsyah. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Ramadhanti, Suci. 2020. Analisis Kemampuan Guru Membuat Soal HOTS Muatan Pelajaran IPS Kelas Tinggi di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan [skripsi]. Surakarta (ID): Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rukajat, Ajat. 2018. Teknik Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sadiah, Riskha Lestari dan A. Hatibe. 2021. Analisis Soal Tipe High Order Thinking Skill (HOTS) dalam Soal Ujian Akhir Semester Ganjil SMA Swasta di Kota Palu Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online. 9(2): 105-109.

Saraswati, Putu Manik Sugiari dan G.N.S. Agustika. 2020. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 4(2): 257-269.

Widana, I Wayan. 2017. Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.

Widiyanto, Joko. 2018. Evaluasi Pembelajaran. Madiun: UNIPMA Press.

Yazidah, Nok Izatul, dkk. 2020. Pengembangan Soal HOTS pada Materi Aljabar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 9(2): 68-78.

Published

2022-11-30

How to Cite

Dewi, N. K. D. P. ., Gunartha, I. W. ., & Dwipayana, I. K. A. . (2022). KETERAMPILAN GURU BAHASA INDONESIA MENYUSUN SOAL OBJEKTIF BERBASIS HOTS DALAM PENILAIAN AKHIR SEMESTER KELAS X DI SMK NEGERI 5 DENPASAR PADA TAHUN AJARAN 2021/2022. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 11(1), 86-106. https://doi.org/10.5281/zenodo.7416968