MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PANTUN MELALUI METODE PEMODELAN PADA SISWA KELAS V SD N 6 PENATIH DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • I Ketut Suar Adnyana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dwijendra

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7416958

Keywords:

Metode Pemodelan, Pantun, Keaktifan Siswa

Abstract

Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian  adalah untuk mengetahui (1) Apakah metode pemodelan dapat meningkatkan kemampuan membaca pantun pada  siswa kelas V  SD N 6 Penatih tahun pelajaran 2021/2022? (2) Apakah metode pemodelan dapat meningkatkan keaktifan belajar  dalam pembelajaran pantun  pada siswa kelas V SD N 6 Penatih tahun pelajaran 2021/2022  Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori pantun, teori keaktifan belajar, dan metode pemodelan. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD N 6 Penatih. Subjek penelitian berjumlah 34 orang. Prosedur penelitian dilakukan dengan 2 siklus. Instrumen yang dipakai unutk mengukur  kemampuan siswa dalam membaca pantun adalah metode penugasan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keaktifan siswa dalam pembelajaran pembagian adalah lembar observasi. Kemampuan siswa dalam membaca pantun pada pra siklus, siswa yang tuntas adalah 15 (44%). Pada siklus I, siswa yang tuntas adalah 25 (73%) dan pada siklus II  siswa yang tuntas adalah 33 (97%).Keaktifan siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan. Pada pra siklus, siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran adalah 16 orang  (47%). Keaktifan siswa mengalami peningkatan pada siklus I adalah 26 orang (76%) dan keaktifan siswa pada siklus II meningkat menjadi 32 (94%).  Kajian tersebut menunjukkan bahwa metode pemodelan dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD N 6 Penatih dalam membaca pantun. Metode pemodelan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran pantun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, I. K. S., Suwendi, I. M., & Utami, K. S. I.S. 2018. Pengaruh Metode Belajar PQ4R terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Denpasar. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra.

Adnyana, I.K.S., Juniawati, Ni Kadek. 2022 Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Kemampuan Mentransliterasi Siswa Kelas VIII H SMA Dwijendra Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Mahadewa. Volume 10, Nomor 2, Mei 2022.

Depdiknas, (2007b). Model Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Fogarty, (1991). How to Integrated The Curricula. Palatine: IRI.

Indriawan, Teguh. 2013. Peribahasa Puisi Pantun Sajak.Depok: Infra Pustaka.

Kamus Besar Bahasa Indonesia.(https://kbbi.kemendikbud.go.id. Diakses 1 Desember 2022.

Kosasih E. (2016). Cerdas berbahasa indonesia untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Erlangga.

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sa’ud, U.S. (2006). Pembelajaran Terpadu. Bandung: UPI Press.

Syaiful Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : CV. Alfabeta.

Sriyono. 1992. Tehnik Belajar Mengajar CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 1988. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo.

Sumantri, Mulyani & Permana, Johar. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Maulana.

Nurhadi, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapan dalam KBK. Surabaya: Universitas Negeri Malang.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Trianto. 2008. “Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning)Di Kelas”.Jakarta:Cerdas Pustaka.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

https://www.referensimakalah.com/2012/06/pendekatan-tematik-dalam-pembelajaran.html

Published

2022-11-30

How to Cite

Adnyana, I. K. S. . (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PANTUN MELALUI METODE PEMODELAN PADA SISWA KELAS V SD N 6 PENATIH DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 11(1), 73-86. https://doi.org/10.5281/zenodo.7416958