INTEGRASI SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP CITRA BAKTI

Authors

  • Pelipus Wungo Kaka Philip Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7416924

Keywords:

Sikap spiritual, sosial, pembelajaran bahasa Indonesia, dan Kurikulum Merdeka Belajar.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan sikap spiritual dan sikap sosial dalam perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Kurikulum Merdeka Belajar, penerapan sikap spiritual dan sikap sosial dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Kurikulum Merdeka Belajar, dan hambatan-hambatan yang dihadapi guru bahasa Indonesia dalam mengintegrasikan sikap spiritual dan sikap sosial dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Citra Bakti. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, klasifikasi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi pengintegrasian sikap spiritual dan sikap sosial dalam perencanaan pembelajaran terletak atau ditunjukkan pada komponen tujuan dan langkah-langkah pembelajaran, (2) implementasi pengintegrasian sikap spiritual dan sikap sosial dalam pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan cara memberikan motivasi/dorongan, peringatan, arahan, teguran, penugasan, dan penguatan kepada siswa saat mengikuti kegiatan pembelajaran, (3) hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pengintegrasian sikap spiritual dan sikap sosial dalam pembelajaran bahasa terletak pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Hambatan dalam perencanaan, yaitu guru mengalami kesulitan dalam menentukan KD dari KI 1 dan KI 2 untuk diintegrasikan ke KD dari KI 3 dan KI 4 karena tidak adanya pedoman yang pasti. Hambatan dalam pelaksanaan, yaitu guru mengalami kesulitan mengimplementasikan pengintegrasian sikap spiritual dan sosial dalam kegiatan pembelajaran karena harus menghadapi karakter siswa yang berbeda-beda.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The impact of COVID-19 to Indonesian education and its relation to the philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

A. T. Daga. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal

Educatio FKIP UNMA, 7 (3), 1075–1090.

Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

A. Widiyono dan I. Millati. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di

Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2 (1), 1–9.

A. Widiyono, S. Irfana dan K. Firdausia. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus

Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16 (2).

Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di Indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Anderson, R. M., Heesterbeek, H., Klinkenberg, D., & Hollingsworth, T. D. (2020). How will country-based mitigation measures influence the course of the COVID-19 epidemic? The Lancet, 395(10228), 931–934.

BNPB. Pedoman penyusunan rencana penanggulangan bencana. Pub. L. No. No. 4 Tahun 2008, 16 (2008).

Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.

Hartini, T., Misri, M. A., & Nursuprianah, I. (2016). Pemetaan HOTS siswa berdasarkan standar PISA dan TIMSS untuk meningkatkan mutu pendidikan. EduMa, 5(2), 83–92.

Hawa, A. M., & Putra, L. V. (2018). PISA untuk siswa Indonesia. Janacitta, 1(1), 1–8.

Herlambang, A. D., & Hidayat, W. N. (2016). Edmodo untuk meningkatkan kualitas perencanaan proyek dan efektivitas pembelajaran di lingkungan pembelajaran yang bersifat asinkron. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 3(3), 180–187.

Koning, B. B., Rop, G., & Paas, F. (2020). Effects of spatial distance on the effectiveness of mental and physical integration strategies in learning from split-attention examples. Computers in Human Behavior, 110(March), 106379. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106379

Mahendra, Y. D., & Mariono, A. (2019). Pengembangan media e-modul berbasis aplikasi android materi komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital Kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2), 1–9.

Mardiana, D., & Anggraini, D. C. (2019). The effectiveness of utilising web-learning media towards Islamic education learning (PAI) outcome in the era of industrial revolution 4.0. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 8(1), 80–96.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis (3rd ed.). SAGE.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.

Mustakim, M., Shoffa, S., & Hidayatullah, A. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran blended learning berbasis Schoology untuk meningkatkan literasi digital matematika. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 88–99.

Nurfaidah, S., Tambunan, A. R. S., Yonata, F., Kurniawati, D., & Lestariyana, R. P. D. (2020). International students ’ perceptions of virtual service learning program amidst COVID-19 pandemic. Journal of International Students, 10(S3), 198–208.

Purwanto, A. (2020). Studi eksplorasi dampak Work from Home (WFH) terhadap kinerja guru selama pandemi COVID-19. EduPsyCouns, 2(1), 92–100.

Purwanto, A., Pramono, R., Ashari, M., Santoso, P. B., & Mayesti, L. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns, 2(1), 1–12.

Puspitasari, & Ratu, N. (2019). Deskripsi pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada konten space and shape. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 155–166.

Qiu, J., Shen, B., Zhao, M., Wang, Z., Xie, B., & Xu, Y. (2020). A nationwide survey of psychological distress among Chinese people in the COVID-19 epidemic: Implications and policy recommendations. General Psychiatry, 33(2), 1–4. https://doi.org/10.1136/gpsych-2020-100213

Rundle, A. G., Park, Y., Herbstman, J. B., Kinsey, E. W., & Wang, Y. C. (2020). COVID-19-related school closings and risk of weight gain among children. Obesity, 28(6), 1008–1009. https://doi.org/10.1002/oby.22813

Simatupang, N. I., Sitohang, S. R. I., Situmorang, A. P., & Simatupang, I. M. (2020). Efektivitas pelaksanaan pengajaran online pada masa pandemi COVID-19 dengan metode survey sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197–203.

Sintema, E. J. (2020). Effect of COVID-19 on the performance of grade 12 students: Implications for STEM education. EURASIA: Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1–6.

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi pembentukan aturan terkait pencegahan Covid-19 di Indonesia. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(1), 59–70.

Wang, Chuanyi, Cheng, Z., Yue, X., & McAleer, M. (2020). Risk management of COVID-19 by universities in China. Journal of Risk and Financial Management, 13(36), 1–6. https://doi.org/10.3390/jrfm13020036

Published

2022-11-30

How to Cite

Philip, P. W. K. (2022). INTEGRASI SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP CITRA BAKTI. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 11(1), 15-51. https://doi.org/10.5281/zenodo.7416924