PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7417003Keywords:
teks eksplanasi, model discovery learningAbstract
Dalam proses pembelajaran teks eksplanasi di kelas, peserta didik diharapkan untuk dapat mengembangkan keterampilan menulis mereka terlebih dalam menuangkan ide dan gagasan ke dalam sebuah tulisan. Namun kenyataannya hal ini dirasakan sulit bagi peserta didik mengingat kurangnya pengetahuan, pemilihan kata, terutama bagi peserta didik yang minim pembendaharaan kata Penelitian ini menggunakan metode ekseperimen untuk mencari pengaruh dari model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan metode pembelajaran diskusi. Penelitian dilakukan di kelas XI IPA 9, dengan rancangan penelitian one group pretest – posttest design. Variabel penelitian adalah kemampuan menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan metode pembelajaran diskusi. Instrument dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja, untuk mengukur tingkat ketercapaian kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian diperoleh penggunaan model discovery learning dengan metode diskusi meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi, dimana terjadi peningkatan sebesar 66,9% dari hasil awal 22% menjadi 88,9% setelah penggunaan model discovery learning dengan metode diskusi.
Downloads
References
Asnita, A., & Gani, E. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 23-31.
Azkiya, H., & Isnandab, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII MTSN Durian Tarung Padang. Bahastra, 38(2), 95-98.
Fatimah, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Dan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning (Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Peserta Didik Kelas XI IPS MA Daarul Uluum PUI Majalengka Tahun Ajaran 2019/2020) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Sarju, S. (2021). Penggunaan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Berorientasi Pola Hubungan Antarperistiwa Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa (Kelas Viii Smp Negeri 4 Lembang). Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(2), 198-208.
Savitri, T., & Devi, W. S. (2021). Penerapan Media Gambar Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Kelas Xi. Prosiding Samasta.
Siregar, R. S. (2021). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 967-973.
Wagirun, W., & Irawan, B. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menulis Teks Eksplanasi di Kelas XI SMA. Indonesian Language Education and Literature, 5(1), 74-85.
Wardiani, R., & Mulyaningsih, I. (2015). Kemampuan Menulis Deskripsi (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Nuurusshiddiiq, Cirebon). Indonesian Language Education And Literature, 1(1), 1-15.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.