KEMAMPUAN MENULIS PUISI BALI MODERN OLEH SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7417048Keywords:
menulis, puisi Bali modernAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kemampuan menulis puisi Bali modern oleh siswa, (2) mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa, dan (3) mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menulis puisi Bali modern. Adapun teori yang digunakan, meliputi (1) menulis, (2) tujuan menulis, (3) manfaat menulis, (4) menulis puisi, (5) kasusastraan Bali, (6) puisi, (7) ciri-ciri puisi, (8) unsur pembangun puisi, (9) puisi Bali modern. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan metode kuesioner. Untuk mengolah data digunakan metode deskriptif kualitatif.
Dari hasil analisis data, diketahui rata-rata kemampuan siswa dalam menulis puisi Bali modern adalah 81. Hal ini masuk berkategori baik. Dilihat dari kertercapaian KKM, dari 122 siswa yang menjadi populasi penelitian, 74 orang (60,65%) sudah tuntas dan sisanya 48 orang (39,34%) belum dinyatakan tuntas.
Downloads
References
Aminuddin.2004.Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
Antara, I Gusti Putu. 2010. Telaah Wacana Puisi Bali Modern. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Antara, I Gusti Putu. 2011. Teori Apresiasi Sastra Bali Anyar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Arikunto, Sukarmini. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Dinas Kebudayaan Bali. 2006. Sastra Bali Anyar. Republik Indonesia.
Gunartha, I Wayan. 2009. “Diktat Kuliah Evaluasi Hasil Belajar”. Denpasar: IKIP PGRI BALI
Gunatama, Gede. 2006. Puisi (Teori, Apresiasi, dan Pemahaman). Singaraja: Undiksha.
Kosasih, E. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya
Nurkancana dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Netra. 1976. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Pradopo. 2002. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada
Rai Putra, Ida Bagus. 2013. Puisi Bali Modern. Denpasar
Sulasmi, Ni Made. 2016. “Kemampuan Memahami Puisi Bali Anyar Oleh Siswa Kelas X SMK Pariwisata Mengwitani Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skripsi. Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Daerah Bidang Ilmi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Bali, Fakultas Bahasa Dan Seni, IKIP PGRI Bali. Denpasar.
Sukanini, Luh Gede. 2016. “ Kemampuan Menganalisis Teks Puisi Bali Modern Yang Berjudul Raga Linglung Karya Rai Putra Oleh Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Manggis, Karangasem Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skripsi. Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Daerah Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Bali, Fakultas Bahasa Dan Seni, IKIP PGRI Bali. Denpasar
Setiawan, A.A. Bagus. 2012. Bahasa Bali Pangkaja Sari Kelas 8. Denpasar: Dwi Jaya Mandiri
Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&R. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Suwija, I Nyoman. 2012. Wacana Bahasa Bali. Malang: Wineka Media.
Tarigan, Henry Guntur. 1982. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Widiawan, I Gede. 2019. “ Kemampuan Menulis Puisi Bali Modern Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gianyar tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Bidang ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Bali, Fakultas Bahasa Dan Seni IKIP PGRI Bali. Denpasar.
Waluyo, H.J. 2003. Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.