PROBLEMATIKA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU YANG MEMENGARUHI KARAKTER PESERTA DIDIK

Authors

  • Gede Sutrisna Universitas Dwijendra
  • Gede Sidi Artajaya Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7416908

Keywords:

kompetensi kepribadian, guru, perkembangan karakter

Abstract

Kepribadian merupakan karakteristik individu yang menjadi ciri khas tersendiri yang membedakan suatu individu dengan yang lainnya. Karakteristik yang dimaksud disini bersifat internal dengan kata lain berkaitan dengan emosi, perasaan, pembawaan yang berpengaruh pada perilaku individu. Selama ini para guru kurang menyadari jika kepribadian yang mereka tunjukkan didepan anak didiknya sangat berpengaruh pada perkembangan karakter anak didik itu sendiri. Para guru cenderung hanya menunaikan tugas utama mereka yaitu mengajar, tanpa memperhatikan jika apa yang mereka lakukan dilihat, didengar, dan ditiru oleh peserta didiknya. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji problematika kompetensi kepribadian guru yang mempengaruhi perkembangan karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan studi pustaka atau library research yang dilakukan dengan mengumpulkan berbagai sumber dan literasi terkait dengan topik bahasan. Dapat disimpulkan bahwa perkembangan karakter serta moralitas peserta didik merupakan cerminan dari kompetensi kepribadian guru itu sendiri. Oleh sebab itu, guru harus mampu menjadi good role-model serta menampilkan kepribadian yang terpuji untuk dicontoh oleh peserta didiknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, L. R., Suharsono, N., & Haris, I. A. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).

Handayani, A., Widiharto, C. A., & Yulianti, P. D. (2014). Penguasaan Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Upaya Pengembangan Karakter Siswa. In Seminar Nasional dan Bedah Buku.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sukarno, S. (2014). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru, Persepsi Guru tentang Silabus Berkarakter, dan Budaya Sekolah terhadap Pembelajaran Karakter. Jakarta : Program Pascasarjana Universitas Budi Luhur. https://heriyantolim.files.wordpress.com

/2014/04/kompetensi-kepribadian-guru-persepsi-guru-budaya-sekolah.pdf (diakses pada 9 April 2022)

Sutrisna, G., & Artini, L. P. (2020). Does Problem-Based Learning Affect Students’ Speaking Skill and Attitude toward ELL?. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 6(2), 131-138.

Sutrisna, G. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Widya Accarya, 12(1), 117-127.

Sutrisna, G. (2021). Vocabulary Acquisition in EFL: A Literature Review of Innovative Vocabulary Teaching Strategies. Yavana Bhasha: Journal of English Language Education, 4(1), 8-17.

Suyanto, A. D., & Djihad, A. (2013). Bagaimana menjadi calon guru dan guru profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published

2022-11-30

How to Cite

Gede Sutrisna, & Gede Sidi Artajaya. (2022). PROBLEMATIKA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU YANG MEMENGARUHI KARAKTER PESERTA DIDIK. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 11(1), 1-14. https://doi.org/10.5281/zenodo.7416908