ANALISIS KANAL DONGENG KITA SEBAGAI BAHAN MATERI TEKS CERITA FABEL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Authors

  • Ni Ketut Suliavitri Niranjani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Rai Wisudariani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Nurjaya Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6825509

Keywords:

fabel, “Dongeng Kita”, nilai karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam video fabel pada kanal “Dongeng Kita”. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan sumber data kanal Youtube “Dongeng Kita”. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak catat serta dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu nilai-nilai yang terkandung dalam video pada kanal “Dongeng Kita” berupa nilai-nilai karakter bersyukur, tidak serakah, demokratis, kerja keras, kreatif, mandiri, tepat jani, peduli sosial, cinta damai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aidah, Siti Nur. 2021. Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Dananjaja, James. 2002. Folklor Indonesia Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakara: PT. Pustaka Utama Grafiti.

Indriastuti, Faiza dan Wawan. 2014. “Podcast sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio Audio Podcasts As Audio-Based Learning Resources”. Jurnal Teknodik Vol. 18, No. 3, Halaman 304-314.

Jauhari, Heri. 2018. Folklor Bahan Kajian Ilmu Budaya, Sastra, dan Sejarah. Bandung: Yrama Widya.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2018. Pedoman Umum Ejaan bahasa Indonesia yang Disempurnakan Edisi ke-5. Jakarta: Balai Pustaka.

Rafiqa, Syarita. 2021. Penokohan dalam Cerita Rakyat Persfektif Lingustik Sistemik Fungsional. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Rahman, Taufiqur. 2018. Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Jawa Tengah: CV. Pilar Nusantara.

Rahmawati Ida Sari, Roekhan, Nurchasanah. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel dengan Macromedia Flash Bagi Siswa SMP”. Jurnal Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol. 1, N. 7, Halaman 1323-1329.

Santoso, N.L.P.R. Era Agustini dan A.A. Susiari Tantri, 2021. “Moral Analysis in The Videos of Dongeng Kita Channel and Its Relevance to Indonesian Learning”. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan. Vol.13, No.1, Halaman. 274-282.

Witarsa dan Rahmat Ruhyana. 2021. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Yuniati, Hasmi Suyuthi dan Man Hakim. 2021. Pelatihan Pemanfaatan Media Youtube dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA IT Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat: Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra FKIP.

Published

2022-05-31

How to Cite

Niranjani, N. K. S. ., Wisudariani, N. M. R. ., & Nurjaya, I. G. (2022). ANALISIS KANAL DONGENG KITA SEBAGAI BAHAN MATERI TEKS CERITA FABEL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 10(2), 334-345. https://doi.org/10.5281/zenodo.6825509