PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA DALAM LINGKUNGAN KELUARGA PADA ANAK USIA 3 TAHUN

Authors

  • Putu Agus Permanamiarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6466680

Keywords:

Pemerolehan Bahasa Kedua, Anak Usia Tiga Tahun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan bahasa kedua anak usia tiga tahun. Penelitian ini mendeskripsikan tentang panjang ayat, struktur kalimat dan ujaran anak usia tiga tahun setiap giliran tutur dalam percakapan yang dianalisis menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi. Data yang diperoleh dari metode observasi selanjutnya dianalisis dan diolah dengan metode analisis deskriptif sinkronis, didasarkan atas pola berpikir induktif. Pola berpikir induktif yang dimaksud, yaitu pola berpikir yang berangkat dari data atau fakta yang khusus atau peristiwa yang nyata, kemudian menuju kepada kesimpulan yang bersifat umum.

Berdasarkan hasil observasi, dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama, berdasarkan panjang ayat anak usia tiga tahun dalam bertutur pada umumnya mengucapkan kata-kata secara terpenggal serta penguasaan bahasa yang dikuasai anak diperoleh melalui tahapan-tahapan tertentu. Kedua, anak umur tiga tahun sudah mampu menyusun kalimat dalam bertutur meskipun masih sangat sederhana dan terbatas. Ketiga, Berdasarkan jumlah ujaran setiap giliran tutur dibuktikan anak tiga tahun dalam bertutur hanya menjawab pertanyaan dari mitra tutur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Busri, Hasan. 2002. Sintaksis Bahasa Indonesia. Malang: FKIP Unisma.

Brewer, Ann Jo. 1995. Introduction to Early Childhood Education: Preschool Through Primary Grades. Universiti Utara Malaysia

Dardjowidjojo, Soenjono. 2008. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Dulay, Heidi; and Burt M. and Krashen S.D. 1982. Language Two. Oxford: Oxford University Press.

Ellis, Rod. 1982. The Origins of Interlanguage. Oxford Journals: Applied Linguistics Volume III(3): 207-223.

Ellis, Rod. 1986. Interlanguage Variability in Narrative Discourse: Style Shifting In The Past Tense, Studies in Second Language Acquisition.

Ellis, Rod. 1986. Understanding Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.

Krashen, Stephen D. 1982. Principles and Practice in Second Language Acquisition. New York: Pergamon Press.

Lambert, Wallace E. 1962. Language, Psychology, and Culture. California: Stanford University Press.

Language Acquisition. (On-line): http//en. wikipedia.org/wiki/ Language acquistion. Diakses 24 Desember 2012.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2003. Diktat Psikolinguistik. Yogyakarta : UNY.

Nurkancana, I Wayan dan Sunartana. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Paivio, Allan and Begg. 1981. Psychology of Language. London: Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs.

Strauss, Ansem dan Juliet Corbin. 2003. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif: Tata Langkah dan Teknik-teknik Teorisasi Data. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 1984. Psikolinguistik. Bandung: Angkasa.

Werdiningsih, Dyah. 2002. Dasar-dasar Psikolinguistik. Malang: FKIP Unisma.

Published

2021-11-30

How to Cite

Permanamiarta, P. A. (2021). PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA DALAM LINGKUNGAN KELUARGA PADA ANAK USIA 3 TAHUN. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 10(1), 215-230. https://doi.org/10.5281/zenodo.6466680