Peran Sosiolinguistik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6757617Keywords:
sosiolinguistik, pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Sosiolinguistik mempelajari tentang masalah-masalah sosial dan hubungannya dengan masyarakat. Sosiolinguistik telah menjadi ilmu yang mandiri yang memiliki fokus kajian dalam mempelajari bahasa dan hubungannya masyarakat. Dalam pembelajaran bahasa, sosiolinguistik membantu seorang pengajar atau peserta didik untuk menentukan gambaran keadaan berbahasa di lingkungan sekolah dan variasi bahasa yang muncul di sekolah akibat adanya pola-pola masyarakat dalam penggunaan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran atau kontribusi sosiolinguistik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah, serta mendeskripsikan adanya variasi berbahasa dalam sekolah yang menjadi pengaruh pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kajian pustaka dari beberapa sumber. Hasil penelitian akan menunjukkan adanya peran sosiolinguistik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Sosiolinguistik menjadi kajian yang akan membantu pengajar untuk menentukan pembelajaran Bahasa Indonesia yang baik dan benar, terutama dalam di bagian kaidah kebahasaannya sehingga sosiolinguistik tidak akan terlepas dari pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah.
Kata kunci: sosiolinguistik, pembelajaran Bahasa Indonesia
Downloads
References
Agustina, E. S. (2017). pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks: representasi kurikulum 2013. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 18(1).
Chaer, A., & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Penerbit PT Rineka Cipta.
Chotimah, C., & Fathurrohman, M. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. AR-RUZZ MEDIA, YOGYAKARTA
Firman, F. (2012). ORIENTASI MODEL pembelajaran Bahasa Indonesia. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 4(2), 127-142.
Kushartanti, U. Y., & Lauder, M. R. (2005). Pesona bahasa: Langkah awal memahami linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nai, F. A. (2017). Teori belajar dan pembelajaran implementasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA, dan SMK. Deepublish.
Paramita, N. P. (2017). Implementasi Pendekatan Sosiolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Manar, 6(2).
Setiyadi, D. (2016). Peranan sosiolinguistik dalam pengajaran bahasa: sebuah kajian teoretis dan penerapannya (temuan linguistik untuk pengajaran bahasa). Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2(02).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.