Peran Sosiolinguistik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah 

Authors

  • Rista Trihandayani Universitas Negeri Jakarta
  • Mifthulkahirah Anwar Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6757617

Keywords:

sosiolinguistik, pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Sosiolinguistik mempelajari tentang masalah-masalah sosial dan hubungannya dengan masyarakat. Sosiolinguistik telah menjadi ilmu yang mandiri yang memiliki fokus kajian dalam mempelajari bahasa dan hubungannya masyarakat. Dalam pembelajaran bahasa, sosiolinguistik membantu seorang pengajar atau peserta didik untuk menentukan gambaran keadaan berbahasa di lingkungan sekolah dan variasi bahasa yang muncul di sekolah akibat adanya pola-pola masyarakat dalam penggunaan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran atau kontribusi sosiolinguistik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah, serta mendeskripsikan adanya variasi berbahasa dalam sekolah yang menjadi pengaruh pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kajian pustaka dari beberapa sumber. Hasil penelitian akan menunjukkan adanya peran sosiolinguistik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Sosiolinguistik menjadi kajian yang akan membantu pengajar untuk menentukan pembelajaran Bahasa Indonesia yang baik dan benar, terutama dalam di bagian kaidah kebahasaannya sehingga sosiolinguistik tidak akan terlepas dari pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah.

 

Kata kunci: sosiolinguistik, pembelajaran Bahasa Indonesia

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, E. S. (2017). pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks: representasi kurikulum 2013. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 18(1).

Chaer, A., & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Penerbit PT Rineka Cipta.

Chotimah, C., & Fathurrohman, M. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. AR-RUZZ MEDIA, YOGYAKARTA

Firman, F. (2012). ORIENTASI MODEL pembelajaran Bahasa Indonesia. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 4(2), 127-142.

Kushartanti, U. Y., & Lauder, M. R. (2005). Pesona bahasa: Langkah awal memahami linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nai, F. A. (2017). Teori belajar dan pembelajaran implementasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA, dan SMK. Deepublish.

Paramita, N. P. (2017). Implementasi Pendekatan Sosiolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Manar, 6(2).

Setiyadi, D. (2016). Peranan sosiolinguistik dalam pengajaran bahasa: sebuah kajian teoretis dan penerapannya (temuan linguistik untuk pengajaran bahasa). Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2(02).

Published

2022-05-31

How to Cite

Rista Trihandayani, & Anwar, M. (2022). Peran Sosiolinguistik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah . Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 10(2), 245-255. https://doi.org/10.5281/zenodo.6757617