STRUKTUR, FUNGSI, DAN MAKNA SATUA I LUBDAKA PADA BUKU KUMPULAN SATUA (DONGENG RAKYAT BALI)
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5741142Keywords:
Satua I Lubdaka, Struktur, Fungsi, MaknaAbstract
Karya sastra Bali (Paribasa Bali) mempunyai potensi yang sangat besar dalam upaya pembentukan karakter anak didik, sehingga anak didik memiliki karakter yang kokoh berakar pada nilai-nilai budaya. Karya sastra (Paribasa Bali) adalah salah satu karya sastra yang dapat dijadikan acuan dalam pendidikan karakter. Paribasa Bali yang mengandung kearifan lokal diharapkan dapat memberikan kontribusi tersendiri dalam membentuk karakter-karakter anak didik. Masalah yang dibahas dalam penelitin ini adalah (1) bagaimanakah konsep kearifan lokal Bali (Paribasa Bali) mengajarkan pendidikan karakter kepada peserta didik. (2) jenis-jenis pendidikan karakter apa saja yang ditemukan dalam Paribasa Bali. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Digunakan juga strategi survey bertujuan untuk mengumpulkan besar variabel melaui alat pengukur wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui konsep dan jenis-jenis pendidikan karakter yang dapat diajarkan kepada anak didik melalui karya sastra khususnya Paribasa Bali.
Downloads
References
Aminuddin. 2015. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Antara. 2009.Prosa Fiksi Bali Tradisional.Denpasar: Balai Bahasa Denpasar.
Asri. Kadek. 2016. “Satua I Truna Asibak Tua Asibak Analisis Struktur, Fungsi,
dan Nilai”. Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Sastra Bali, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana.
Endraswara, Suwardi. 2013. Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Ombak.
Febriadiana. 2018. “Teks Satua Betara Watugunung Dalam Cerita Rakyat Bali: Analisis Struktur dan Fungsi”. Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Sastra Bali, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.