STRUKTUR, FUNGSI, DAN MAKNA SATUA I LUBDAKA PADA BUKU KUMPULAN SATUA (DONGENG RAKYAT BALI)

Authors

  • Dewa Ayu Sri Intan Wandini Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bali
  • I Nyoman Suwija Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Wayan Sumitri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5741142

Keywords:

Satua I Lubdaka, Struktur, Fungsi, Makna

Abstract

Karya sastra Bali (Paribasa Bali) mempunyai potensi yang sangat besar dalam upaya pembentukan karakter anak didik, sehingga anak didik memiliki karakter yang kokoh berakar pada nilai-nilai budaya. Karya sastra (Paribasa Bali) adalah salah satu karya sastra   yang dapat dijadikan acuan dalam pendidikan karakter. Paribasa Bali yang mengandung kearifan lokal diharapkan dapat memberikan kontribusi tersendiri dalam membentuk karakter-karakter anak didik. Masalah yang dibahas dalam penelitin ini adalah (1) bagaimanakah konsep kearifan lokal Bali (Paribasa Bali) mengajarkan pendidikan karakter kepada peserta didik. (2) jenis-jenis pendidikan karakter apa saja yang ditemukan dalam Paribasa Bali. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Digunakan juga strategi survey bertujuan untuk mengumpulkan besar variabel melaui alat pengukur wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui konsep dan jenis-jenis pendidikan karakter yang dapat diajarkan kepada anak didik melalui karya sastra khususnya Paribasa Bali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminuddin. 2015. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Antara. 2009.Prosa Fiksi Bali Tradisional.Denpasar: Balai Bahasa Denpasar.

Asri. Kadek. 2016. “Satua I Truna Asibak Tua Asibak Analisis Struktur, Fungsi,

dan Nilai”. Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Sastra Bali, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana.

Endraswara, Suwardi. 2013. Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Febriadiana. 2018. “Teks Satua Betara Watugunung Dalam Cerita Rakyat Bali: Analisis Struktur dan Fungsi”. Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Sastra Bali, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana.

Published

2021-11-30

How to Cite

Wandini, D. A. S. I., Suwija, I. N., & Sumitri, N. W. (2021). STRUKTUR, FUNGSI, DAN MAKNA SATUA I LUBDAKA PADA BUKU KUMPULAN SATUA (DONGENG RAKYAT BALI). Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 10(1), 196-214. https://doi.org/10.5281/zenodo.5741142