TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SECARA VIRTUAL DI SMK PARIWISATA HARAPAN DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5732965Keywords:
Tindak Tutur, DirektifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur direktif guru dan mendeskripsikan ilokusi tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia secara virtual. Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari hasil rekaman proses belajar mengajar virtual, kartu data, dan lembar observasi. Selain itu, digunakan juga data sekunder yang bersumber dari buku-buku tentang tindak tutur. Penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik sadap sebagai teknik dasar, dan teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, serta teknik catat sebagai teknik lanjutan. Berdasarkan cara kerja itu diperoleh hasil, yakni: (1) jenis-jenis tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia secara virtual yaitu: tindak tutur langsung literal dan tindak tutur tidak langsung tidak literal. Tindak tutur yang dominan digunakan guru adalah tindak tutur langsung literal dengan persentase 99.9%. (2) Ilokusi tindak tutur direktif guru, meliputi: ilokusi memerintah, meminta, mengajak, menasihati, memperingatkan, menyindir, dan mengizinkan. Ilokusi yang mendominasi adalah ilokusi memerintah dengan persentase 51%.
Downloads
References
Chaer, A. 2010. Kesantunan
Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Hermaji, B. 2019. Teori Pragmatik.
Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama Ibrahim, A. S. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional
Kaka, P. W. 2017. “Analisis terhadap Kesantunan Tindak Tutur Direktif Guru dalam
Pembelajaran di SD Inpres Bajawa VI Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Volume
Vol. 4, No. 1. Halaman 116,
ISSN 2344-5106, STKIP Citra Bakti.
Leech, G. 2015. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta:
Universitas Indonesia
Putri, dkk. (2015). “Kesantunan Berbahasa dalam Tindak Tutur Direktif Guru pada Pembelajaran Bahasa
Indonesia di SMA Negeri 15 Padang”. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran Volume 2 No. 1. Halaman 86, FBP Universitas Negeri Padang.
Pranowo. 2009. Berbahasa Secara Santun. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar
Prayitno, H. J. 2011. Kesantunan
Sosiopragmatik: Studi
Pemakaian Tindak Direktif di Kalangan Andik SD
Berbudaya Jawa. Surakarta:
Universitas Muhammadiyah
Surakarta
Rahardi, K. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa
Indonesia. Jakarta: Erlangga
Riyanto, U. 2013. “Realisasi Kesantunan Berbahasa pada Percakapan Siswa dengan Guru di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta”. Skripsi Universitas Muhammadiyah
Surakarta. Surakarta
Rohmadi, M. 2011. Pragmatik: Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma
Pustaka
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.