TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SECARA VIRTUAL DI SMK PARIWISATA HARAPAN DENPASAR

Authors

  • Ni Putu Khrisna Ajmadewi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Nengah Arnawa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Luh Gede Liswahyuningsih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5732965

Keywords:

Tindak Tutur, Direktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur direktif guru dan mendeskripsikan ilokusi tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia secara virtual. Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari hasil rekaman proses belajar mengajar virtual, kartu data, dan lembar observasi. Selain itu, digunakan juga data sekunder yang bersumber dari buku-buku tentang tindak tutur. Penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik sadap sebagai teknik dasar, dan teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, serta teknik catat sebagai teknik lanjutan. Berdasarkan cara kerja itu diperoleh hasil, yakni: (1) jenis-jenis tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia secara virtual yaitu: tindak tutur langsung literal dan tindak tutur tidak langsung tidak literal. Tindak tutur yang dominan digunakan guru adalah tindak tutur langsung literal dengan persentase 99.9%. (2) Ilokusi tindak tutur direktif guru, meliputi: ilokusi memerintah, meminta, mengajak, menasihati, memperingatkan, menyindir, dan mengizinkan. Ilokusi yang mendominasi adalah ilokusi memerintah dengan persentase 51%. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaer, A. 2010. Kesantunan

Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Hermaji, B. 2019. Teori Pragmatik.

Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama Ibrahim, A. S. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional

Kaka, P. W. 2017. “Analisis terhadap Kesantunan Tindak Tutur Direktif Guru dalam

Pembelajaran di SD Inpres Bajawa VI Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Volume

Vol. 4, No. 1. Halaman 116,

ISSN 2344-5106, STKIP Citra Bakti.

Leech, G. 2015. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta:

Universitas Indonesia

Putri, dkk. (2015). “Kesantunan Berbahasa dalam Tindak Tutur Direktif Guru pada Pembelajaran Bahasa

Indonesia di SMA Negeri 15 Padang”. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran Volume 2 No. 1. Halaman 86, FBP Universitas Negeri Padang.

Pranowo. 2009. Berbahasa Secara Santun. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar

Prayitno, H. J. 2011. Kesantunan

Sosiopragmatik: Studi

Pemakaian Tindak Direktif di Kalangan Andik SD

Berbudaya Jawa. Surakarta:

Universitas Muhammadiyah

Surakarta

Rahardi, K. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa

Indonesia. Jakarta: Erlangga

Riyanto, U. 2013. “Realisasi Kesantunan Berbahasa pada Percakapan Siswa dengan Guru di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta”. Skripsi Universitas Muhammadiyah

Surakarta. Surakarta

Rohmadi, M. 2011. Pragmatik: Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma

Pustaka

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta

Published

2021-11-30

How to Cite

Ajmadewi, N. P. K. ., Arnawa, N., & Liswahyuningsih, N. L. G. (2021). TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SECARA VIRTUAL DI SMK PARIWISATA HARAPAN DENPASAR . Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 10(1), 130-151. https://doi.org/10.5281/zenodo.5732965